Dinsos Gerak Cepat Salurkan Bantuan pada Korban Kebakaran

Bantuan telah diterima warga korban kebakaran di Kabupaten Barito Kuala. Dinsos Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel memberikan bantuan tanggap darurat kebakaran yang terjadi sekitar pukul 23.00 WITA pada (29/9) di Desa Tinggiran Baru RT 01 Kecamatan Mekar Sari Kabupaten Barito Kuala.

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani diwakili Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi menyebutkan, sebanyak lima buah rumah hangus dilalap si jago merah.

“Kejadian terjadi pada tengah malam tadi, dan sesuai arahan Gubernur Sahbirin Noor, kita langsung bergerak cepat memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban kebakaran,” kata Achmadi, Banjarmasin, Jumat (30/9/2022).

Dari lima buah rumah yang terbakar tersebut, dijelaskan Achmadi, terdapat 5 KK dan 15 jiwa harus kehilangan tempat tinggalnya dikarenakan lokasi kejadian yang sulit di jangkau dan harus menggunakan kapal fery penyeberangan.

“Bantuan yang kita serahkan berupa makanan anak, family kit, food ware, peralatan dapur keluarga, selimut, kasur,  matras, tenda gulung, sandang dewasa, makanan siap saji, kids ware, lauk pauk siap saji, gula, mie instan, teh, sarden, kopi serta pakaian lansia,” ucap Achmadi.

Ditambahkan Achmadi, satu warga juga dilaporkan mengalami luka bakar ringan di bagian punggung saat berupaya menyelamatkan diri.

“Hingga saat ini penyebab kebakaran masih diselidiki pihak berwajib, namun dari laporan kawan-kawan di lapangan mencurigai sumber api berawal dari tungku dapur rumah salah satu warga,” ujar Achmadi.

Achmadi pun berpesan, agar masyarakat tetap waspada akan bahaya kebakaran dan mengimbau untuk tidak meninggalkan rumah atau tidur dalam keadaan kompor menyala. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai