Pemprov Kalsel Gelar Rapat Untuk Persiapan Menjelang Kemah Bela Negara

Panitia Pelaksana KBN 2023 bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi terkait kegiatan Kemah Bela Negara yang akan dihadiri anggota pramuka se-Indonesia di Ruang Rapat H Maksid Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Selasa (23/5/2023). MC Kalsel/tgh

Menjelang pelaksanaan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan, Panitia Pelaksana KBN 2023 bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat koordinasi terkait kegiatan Kemah Bela Negara yang akan dihadiri anggota pramuka se-Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Kemah Bela Negara Tingkat Nasional 2023, Agus Salim mengatakan, sudah melakukan pembentukan panitia daerah dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pemprov Kalsel sangat mendukung sekali. Insya Allah kita bisa sukses dalam pelaksanaan Kemah Bela negara Tingkat Nasional ini,” kata Agus Salim, di Banjarbaru, Selasa (23/5/2023).

Ia mengatakan, pada even nasional ini ditarget ada sekitar 1.728 orang dari peserta didik dan pendamping se-Indonesia yang akan ikut.

“Sasaran kita 34 provinsi, di tambah cabang 13 kabupaten kota se-Kalsel, kalau semua bisa berhadir totalnya bisa 1.700 lebih,” ujarnya.

Sedangkan untuk persiapan, ada waktu satu bulan untuk meninjau dan memantau titik-titik lokasi yang akan menjadi tempat kemahnya.

“Untuk lokasi sudah kita survei dan tinggal merapikan saja,” jelasnya.

Lanjut, Agus mengatakan dari hasil rapat pertama ini telah ditetapkan beberapa SKPD yang turut membantu yaitu Dinas Kesehatan, diminta untuk menyiapkan tenaga kesehatan di setiap acara dan menyiapkan rumah sakit rujukan apabila ada kejadian yang tidak diinginkan. 

Kemudian Dinas PUPR Kalsel diminta untuk memperbaiki jalan menuju Kabupaten Tanah laut, menyiapkan mobile wc portabel dan ketersediaan air bersama BPBD, Disperkim. Selanjutnya Dinas Perhuhungan memastikan kelancaran arus lalu lintas, menyiapkan angkutan dan memastikan berapa jumlah peserta yang hadir. Dinas Kominfo memastikan jaringan internet tidak terganggu, sedangkan Dispora Kalsel menyiapkan kegiatan olahraga tradisional dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinas Sosial Kalsel, Achmadi mengatakan, sebagai salah satu instansi yang dipercaya ikut terlibat dalam kepanitiaan. Dirinya mengaku siap mengerahkan kekuatan sumber daya yang ada di Dinas Sosial.

“Kami sudah siapkan water treatmen satu unit, mobil tangki air muatan 5 ribu liter 3 unit, dan dapur umum lapangan 3 unit, serta seratus personil yang akan diturunkan,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya dipercaya untuk mempersiapkan konsumsi para peserta dan panitia yang diperkirakan mencapai 2 ribu orang untuk tiga kali dalam satu hari.

“Kami menyiapkan kurang lebih 2 ribuan lebih konsumsi untuk tiga kali makan satu hari dan kami akan siap melaksanakan,” pungkasnya.

Adapun KBN merupakan wadah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia yang akan dilaksanakan di Kiram Park, Tahura dan Batakan Baru. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai