Gubernur Kalsel Intruksikan BPBD Terus Edukasi Masyarakat Akan Cuaca Ekstrem

Mobil Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Dok

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengintruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel untuk gencar melakukan pengendalian dampak dari cuaca ekstrem.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah menindaklanjuti instruksi gubernur dengan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki termasuk dengan pemanfaatan sarana sosialisasi.  

“Seperti pada hari ini, memanfaatkan momen Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Otonomi Daerah di lingkungan Pemprov Kalsel, BPBD melakukan sosialisasi cuaca ekstrim dan jenis bencana lain disertai upaya pencegahan melalui mobil Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) milik BPBD,” kata Kalaksa BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah, Rabu (3/5/2023). 

Selanjutnya sosialisasi juga akan digencarkan untuk beroperasi memberikan edukasi kepada masyarakat, sosialisasi juga dilakukan di tempat-tempat sekolah dan pelayanan publik. Salah satunya adalah Gubernur Kalsel meminta BPBD untuk mengoptimalkan atau memanfaatkan mobil KIE masuk kampung hingga kepelosok. 

Kalaksa BPBD Kalsel yang didampingi oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bambang Dedi Mulyadi mengatakan jika upaya sosialisasi yang dilakukan sesuai instruksi langsung dari gubernur. Edukasi yang diberikan kepada masyarakat melalui sosialisasi terkait tentang perubahan iklim, cuaca ekstrim dan upaya atau cara menghadapi dan dampaknya. 

“Agar sosialisasi bisa efektif dan dalam suasana santai, maka dikemas dengan sajian makan minum gratis untuk karyawan-karyawati di lingkungan Pemprov Kalsel sebagai peserta apel gabungan,” kata Bambang. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai