Perluas Jaringan dengan Kegiatan Temu Usaha dan Misi Dagang

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel memberikan sambutan pada Kegiatan Temu Usaha dan Misi Dagang antar Provinsi di Big Mall Samarinda, Kamis (31/10/2019).

Dinas Perdagangan Kalsel melaksanakan Program Kegiatan Temu Usaha dan Misi Dagang antar Provinsi di Big Mall Samarinda, Kamis (31/10/2019).

Kegiatan tersebut merupakan lanjutan setelah pada tahun 2018 digelar kegiatan serupa di Jawa Timur dan Yogyakarta yang mempertemukan pelaku usaha di Kalsel dengan pelaku usaha dari kedua daerah tersebut. Hasilnya terjadi kontrak transaksi lebih dari Rp119 miliar.

Setelah melalui analisa pasar, di tahun 2019 kegiatan Temu Usaha dan Misi Dagang kembali dilaksanakan di Kaltim. Dalam beberapa jam, terjadi negosiasi dan kontrak transaksi antar pelaku usaha lebih dari Rp71 miliar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perdagangan Kalsel selaku pemimpin delegasi, Birhasani mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperluas jejaring pasar bagi produk daerah maupun produk perdagangan lainnya.

“Kegiatan ini untuk menciptakan mitra usaha baru bagi pelaku usaha Kalsel hingga keluar daerah Kalsel, dengan semakin luasnya akses pasar maka produksi akan meningkat, usaha semakin berkembang, tenaga kerja lokal juga terserap, yang tentunya akan meningkatkan pendapatan masyarakat, ekonomi daerah pun semakin tumbuh,” ujarnya.

Birhasani berharap kiranya pelaku usaha menjaga kemitraan tersebut dengan meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas produk juga memperkuat kepercayaan antar pelaku usaha.

“Melalui Temu Usaha dan Misi Dagang ini beberapa produk Kalsel akan masuk ke beberapa ritel modern dan toko pusat oleh-oleh di Samarinda Kaltim, sebaliknya produk Kaltim juga akan memperkaya jenis kuliner yg dijual pusat oleh-oleh di Banjarmasin Kalsel,” jelasnya.

Sebelumnya, Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) telah menginisiasi Kerjasama Perdagangan Antar Daerah yang dikukuhkan dengan Penandatangan Kesepakatan Kerjasama oleh Gubernur se-Indonesia, termasuk Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pada tahun 2018 lalu di Bandung Jawa Barat.

Dalam arahannya pada saat itu, Sahbirin meminta semua SKPD terkait antara lain Dinas Perdagangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Kelautan dan Perikanan serta SKPD terkait lainnya agar menindaklanjuti kerjasama tersebut secara nyata.

Maka dari itu, sejak tahun 2018, Dinas Perdagangan melaksanakan Program Kegiatan Temu Usaha dan Misi Dagang antar Provinsi sebagai tindak lanjut nyata dari kesepakatan yang telah dibuat. Disdag/MC Kalsel

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *