Lakukan Sayembara, Disperin Kalsel Siapkan Ribuan Lembar Kain Sasirangan Sukseskan MTQ XXIX

Kepala Dinas Perindustrian Kalsel, Mahyuni. MC Kalsel/Ar

Dinas Perindustrian (Disperin) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalsel bertugas menyiapkan trofi, suvenir, dan cendera mata guna menyukseskan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalsel.

“Jadi, cendera mata termasuk kain sasirangan akan disiapkan untuk tamu VIP dan VVIP sebanyak 500 lembar, dan peserta kafilah sebanyak 4.000 lembar,” kata Mahyuni, di Banjarbaru, Senin (21/2/2022).

Mahyuni mengatakan, untuk mencari desain kain sasirangan terbaik pihaknya telah melaksanakan sayembara yang diikuti oleh para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM).

“Sehingga, desain kain sasirangan terbaik bisa memberikan kepercayaan dari kualitas dan kehebatan budaya Kalsel terhadap masyarakat Indonesia yang menjadi tamu MTQ,” ujar Mahyuni.

Mahyuni menyebutkan, sembilan orang dari maestro sasirangan telah diundang pada 31 Januari lalu, yang pernah menjadi juara dan berkontribusi kuat terhadap sasirangan.

“Jadi, dari pelaku IKM sudah menyampaikan desain sasirangannya, dan jurinya itu oleh Gubernur Kalsel dan Ketua TP PKK Kalsel, serta yang terpilih akan dijadikan sebagai custom untuk tamu VIP dan VVIP, serta para kafilah,” tambah Mahyuni.

Dia pun berharap, para pelaku IKM yang akan memamerkan produk pada pelaksanaan MTQ Nasional XXIX, baik kerajinan, kuliner, maupun produk lainnya agar bisa mencukupi persediaan dan melengkapi persyaratan.

“Maka dari itu, pelaku IKM lebih baik mempercepat standarisasi produk makanan dengan melengkapi sertifikasi halal,” kata Mahyuni. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai