Dinkes Kalsel Gencarkan Aksi KIE Dalam Mengajak Masyarakat Untuk Vaksinasi COVID-19

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggencarkan aksi KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) Protokol Kesehatan dan mengajak untuk melakukan vaksinasi bagi masyarakat Kota Banjarmasin, Jumat (1/4/2022). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka menyambut bulan ramadan, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggencarkan aksi KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) Protokol Kesehatan dan mengajak untuk melakukan vaksinasi bagi masyarakat Kota Banjarmasin.

Kegiatan aksi KIE tersebut dilaksnakan di lima Kecematan Kota Banjarmasin yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Provinsi Kalsel dan PPPKMI Kota Banjarmasin.

Mewakili Plt Kadinkes Kalsel, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Nurul Ahdani mengatakan kegiatan hari ini merupakan tindak lanjuti hasil pemantauan Satgas penanganan COVID-19 di Kalsel dalam hal ini memberikan rekomendasi kepada Dinas Kesehatan agar tetap melakukan promosi kesehatan pada masyarakat guna memutus penyebaran COVID-19.

“Dinkes Kalsel dan Dinkes Kota Banjarmasin beserta PPPKMI Kalsel dan PPPKMI kota Banjarmasin melakukan aksi edukasi protokol kesehatan dan membagikan masker serta tempat cuci tangan di area publik seperti pasar tradisional,” kata Nurul, Jumat (1/4/2022).

Nurul mengatakan efektivitas penerapan protokol kesehatan akan lebih optimal jika diimbangi dengan upaya sosialisasi dan edukasi.

“Apalagi masyarakat Indonesia khususnya Kalsel cenderung lebih mudah menerima pendekatan secara kultural, yakni melalui penyadaran dengan memberikan edukasi, imbauan, nasehat, yang harus dikedepankan,” ujarnya.

Untuk itu, Pemerintah terutama para pejabat publik dan tokoh masyarakat harus memberikan contoh yang dapat diikuti oleh khalayak. Di samping itu juga perlu dibarengi aksi nyata seperti membagikan masker atau sarana CTPS.

“Sebenarnya kalau ada daerah yang memberikan sanksi itu boleh-boleh saja. Namun yang paling efektif harus terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga menjadi bagian dari kehidupan,” tuturnya.

Ia berharap upaya yang sudah dilakukan dalam menyadarkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan kedisplinan dalam menerapkan 3M bisa meminimalisir dan mencegah meledaknya kembali kasus COVID-19, khususnya di wilayah Kota Banjarmasin.

“Diharapkan upaya ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus patuh protokol kesehatan COVID-19 dan disiplin menerapkan 3M agar penyebaran COVID-19 tidak meningkat,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai