Tingkatkan Keterampilan Bernyanyi Paduan Suara, Disdikbud Kalsel Gelar Workshop Gita Bahana Nusantara

Suasana workshop Gita Bahana Nusantara Kalimantan Selatan.

Dalam rangka mempersatukan dan menyelaraskan nada yang berasal dari beberapa bagian suara seperti Sopran, Alto, Tenor, Bass serta menambah ilmu dasar berupa notasi angka dan tangga nada serta mencari pengalaman dalam bidang paduan suara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Kebudayaan menggelar Workshop Gita Bahana Nusantara Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati mengatakan workshop ini untuk menambah pengetahuan akan ilmu dasar berupa notasi angka dan tangga nada dan mendalami bagaimana cara menyanyikan lagu dengan benar.

“Diketahui bahwa teknik bernyanyi bukanlah hal yang mudah dan dapat dilakukan spontan, butuh proses dan keseriusan jika seseorang menginginkan suaranya dapat dinikmati,” ucapnya, Banjarmasin, Jumat (1/4/2022).

Pihaknya mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan workshop musik ini digelar, karena sebagai bentuk keseriusan khususnya Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan dalam mempersiapkan dan pematangan audisi Gita Bahana Nusantara Kalimantan Selatan. 

“Harapannya semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk perkembangan serta kemajuan seni musik khususnya seni suara Kalimantan Selatan agar memiliki daya saing dan berprestasi di tingkat nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso menambahkan peserta yang mengikuti workshop kali ini perwakilan dari Kab/Kota di Kalsel.

“Peserta 5 orang dari umur 16 – 21 tahun, masing – masing dari Kab/kota yang telah diusulkan oleh Dinas Kebudayaan setempat,” tuturnya.

Lanjut Sunjaya, para peserta nantinya akan mendapatkan materi tentang bagaimana memadukan suara serta teknik penyajian paduan suara.

Untuk kali ini, pihaknya memanggil beberapa narasumber mulai dari yang lokal maupun tingkat nasional.

“Ada 5 narasumber yang akan memberikan pengetahuan, yaitu Sukanty Sidharta (pelatih GBN Kemdikbudristek), Sirajudi (seniman musik), Sinta Sinaga (pianis), Maureen (pelatih vocal), dan Maryanto (Dosen musik ULM Banjarmasin),” ungkapnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai