Kerjasama ULM dan Universitas Pertambangan dan Teknologi China

Diskusi bersama delegasi China University of Mining and Technology, Honghai Li pada Workshop BEIC di Aula Rektorat ULM Banjarmasin, Senin (20/11). MC Kalsel/Dha

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)  menyelenggarakan Workshop Bridge Education Indonesia China (BEIC) dengan tema kemampuan pemuda dalam menjembatani kesenjangan yang ada di dunia kerja, Senin (20/11) di Aula Rektorat ULM Banjarmasin.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Yudi Firmanul Arifin, Kepala Seksi Kerja Sama Luar Negeri Kemenristekdikti Adhrial Refaddin, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Prov. Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifai, Delegasi dari China University of Mining and Technology, Dekan dan mahasiswa di lingkungan ULM, perwakilan dari universitas anggota Kalimantan Universities Consortium (KUC), serta pelajar di Kota Banjarmasin.

Dalam workshop ini Vice Dean International Collage China University of Mining and Technology, Honghai Li memperkenalkan mengenai China University of Mining and Technology (CUMT) yang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang penting di bawah administrasi langsung Kementerian Pendidikan China.

“CUMT berdiri sejak tahun 1909 yang berlokasi di Xuzhou Provinsi Jiangsu dengan luas area 297 hektar. CUMT merupakan universitas multi-disiplin, yang menawarkan pendidikan tingkat sarjana, magister, doktor dalam berbagai program di bidang teknik, sains, seni liberal, ekonomi, hukum, filsafat dan seni, dan lain-lain,” kata Honghai Li.

Ia juga menyampaikan bahwa CUMT sekarang ini telah meningkatkan pertukaran dan kerjasama internasional dengan mitra dari berbagai negara di seluruh dunia. Honghai Li juga menyampaikan mengenai peta jalan KUC terkait penambangan terbuka di Kalimantan.

Setelah workshop, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara CUMT dengan ULM. Dalam MoU ini memuat tentang Student Mobillity atau pertukaran mahasiswa, pendidikan dosen lebih lanjut, kolaborasi riset serta pelatihan dan kunjungan dari masing-masing universitas.

Kerjasama ini berfokus dalam bidang pertambangan, karena CUMT merupakan universitas nomor satu di China dan 27 dunia dalam bidang pertambangan.

Wakil Rektor IV, Yudi Firmanul Arifin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat penting untuk mengembangkan penelitian dimana tidak hanya untuk pendidikan namun juga untuk diterapkan di daerah sekitar. Humas ULM – Mc Kalsel / Dha

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan