Tingkatkan Keahlian Pencari Kerja Dengan Pemagangan Dalam Negeri

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti, Banjarmasin, Senin (21/3/2023). MC Kalse/usu.

Guna meningkatkan keahlian dan keterampilan masyarakat Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel menyelenggarakan program pemagangan dalam negeri, berbasis pengguna tahun 2023 yang diikuti oleh para pencari kerja dan pekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel, Irfan Sayuti mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda setiap tahun untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja di setiap kabupaten/kota.

“Kegiatan ini sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitas  para pencari kerja, yang nantinya akan dilatih langsung oleh perusahaan,” ucapnya, di Banjarmasin, Selasa (21/3/2023).

Oleh karena itu, Irfan berpesan kepada peserta, agar dapat memberikan kinerja yang terbaik saat bekerja, sehingga para mentor tertarik untuk mengangkat mereka menjadi karyawan tetap di perusahaan nantinya.

“Apabila peserta terampil dalam melaksanakan magang, perusahaan akan tertarik untuk merekrut para peserta agar menjadi pegawai tetap. Sehingga angka pengangguran terus menurun,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Wahyudin Noor menambahkan, kurikulum Pemagangan Dalam Negeri dibuat oleh perusahaan pelaksana dan mengacu pada kompetensi, yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Program atau kurikulum pemagangan khusus dibuat oleh perusahaan berdasarkan kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan di perusahaan tersebut,” tuturnya.

Untuk tahun 2023 sebanyak 16 perusahaan ikut andil pada program ini yang tersebar di kabupaten/kota se Kalsel.

“Tahun ini ada 168 peserta dari kabupaten/kota yang akan melaksanakan pemagangan selama 5 bulan terdiri dari 1 bulan pelatihan dan 4 bulan praktek,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai