Dengan Bimbingan Dan Pelatihan Tuntaskan Permasalahan Sosial pada Anak

Foto bersama pada Bimbingan Sosial dan Pelatihan Keterampilan Praktis Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi Anak. MC Kalsel/Rns

Permasalahan anak adalah kenyataan sosial yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan masyarakat dan terutama di keluarga, kecenderungan semakin meningkatnya permasalahan anak dari tahun ke tahun menimbulkan permasalahan sosial tersendiri yang perlu penanganan.

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel melaksanakan Bimbingan Sosial dan Pelatihan Keterampilan Praktis Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi Anak, di Kota Banjarmasin 2023 yang berlangsung selama lima hari dari 21 hingga 25 Maret 2023, dengan pemberian bimbingan sosial dan pemberian praktek belajar kerja yang diikuti 20 anak.

Kepala Dinsos Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kalsel, Selamat Riadi mengatakan, upaya yang dilakukan selama ini dirasakan belum optimal, Hal ini disebabkan adanya keterbatasan kemampuan anggaran untuk mengatasi permasalahan dimaksud.

“Penanganan permasalahan sosial ini tidak dapat diletakan pada tanggung jawab Dinsos Kalsel semata, idealnya program ini dirancang secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat,” kata Selamat, Banjarmasin, Selasa (21/3/2023).

Dijelaskan Selamat, dengan kondisi dan situasi yang demikian, mendorong Pemprov Kalsel khususnya untuk lebih serius lagi dalam program-program penanganan permasalahan anak baik melalui APBD dengan terobosan-terobosan baru, karena harus berpacu dengan pesatnya peningkatan jumlah permasalahan penyandang masalah kesejahteraan sosial pada umumnya dan khususnya bagi permasalahan anak.

“Dengan diadakannya penyelenggaraan kegiatan ini merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah, dalam hal ini Dinas Sosial Provinsi Kalsel melalui pembinaan, pelatihan, keterampilan, dan praktek belajar kerja bagi anak yang memerlukan,” ucap Selamat.

Kegiatan bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan praktis Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi anak 2023 dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, dan pemahaman kepada peserta program pelayanan rehabilitasi sosial dan pelatihan keterampilan usaha ekonomi produktif bagi anak untuk menuju kesejahteraan sosial mereka.

“Selain itu bertujuan agar terpenuhinya kebutuhan anak khususnya pemenuhan terhadap pelatihan keterampilan sebagai bekal untuk kedepannya,” kata Selamat. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai