Pemprov Kalsel Tekan Inflasi melalui Ramadan Fair

Suasana rapat finalisasi pelaksanaan Ramadan Fair, Halal Food Nasional, dan Pasar Raya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama stakeholder terkait melaksanakan rapat finalisasi pelaksanaan Ramadan Fair, Halal Food Nasional, dan Pasar Raya yang dilaksanakan selama Bulan Ramadan 1444 H.

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, di Kantor Gubernur Siring 0 Km, Banjarmasin, Senin (20/3/2023) sore.

Pasar Ramadan yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalsel bersama stakeholder terkait inipun mengusung tema “Dengan Ramadhan Fair Kita Dorong Halal Food dan Pemberdayaan UMKM serta Pengendalian Inflasi di Banua”.

Ditemui usai rapat, Rifai mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel mengatakan, dalam pelaksanaan pasar wadai Ramadan (Ramadan Fair) nanti Pemerintah Provinsi Kalsel akan menyediakan 100 tenant untuk pedagang dan juga pelaku UMKM secara gratis.

Ramadan Fair sendiri, lanjutnya, akan dibuka secara resmi pada 1 Ramadan mendatang dan dilaksanakan selama 28 hari selama bulan suci Ramadan di kawasan Siring 0 Km Banjarmasin.

“Berdasarkan data dari peguyuban pedagang, sampai saat ini sudah ada 92 pedagang atau UMKM yang mendaftar untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Dan sisanya mungkin akan diisi oleh TNI-Polri,” kata Rifai.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan Ramadan Fair nanti, juga akan diisi dengan Pasar Raya yang menjual berbagai kebutuhan pokok dan sembako dengan harga murah, dalam rangka pengendalian inflasi di Banua.

“Pelaksanaan pasar raya ini nantinya akan dikoordinasikan oleh Dinas Perdagangan Kalsel, menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Wilayah Kalsel dan dilaksanakan selama satu minggu berbarengan dengan Halal Food yakni sekitar tanggal 10 April 2023,” tutur Rifai.

Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi Kalsel juga menggandeng seniman bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan UPT Taman Budaya untuk menampilkan hiburan seperti musik religi, habsy, musik panting, madihin dan lain sebagainya selama akhir pekan di panggung utama Siring 0 Km.

Sedangkan terkait dengan Halal Food Nasional, Rifai menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Safari Ramadan Wakil Presiden RI, KH Ma’aruf Amin.

“Untuk Halal Food Nasional nanti Pemerintah Provinsi Kalsel bersama Bank Indonesia akan menyediakan sekitar 41 stan dan akan diisi oleh UMKM yang sudah memiliki sertifikasi halal,” ucap Rifai.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN Kalsel, Aftahuddin menuturkan pihaknya siap mendukung kesuksesan pelaksanaan Ramadan Fair, Halal Food Nasional, dan Pasar Raya yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Kami akan ikut memeriahkan pelaksanaan Pasar Raya yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalsel. Kami akan menjual kebutuhan bahan pokok mulai dari beras, gula, tepung terigu, sirup dan lainnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan di pasar, jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena ini tujuannya untuk menekan inflasi di Banua,” ucap Aftahuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai