Ria Enes dan Boneka Susan Berdongeng di Perpustakaan Palnam

Foto bersama di Kid’s Library Perpustakaan Palnam. MC Kalsel/Jml

Tidak hanya Kak Kempho Antaka, dalam rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) juga mendatangkan pendongeng nasional Ria Enes bersama dengan boneka Susannya.

Kedatangan bintang televisi pada masanya inipun mendapatkan sambutan antusias, tidak hanya dari ratusan anak PAUD, tetapi juga dari para orang tua dan juga guru pendamping yang memadati ruang Kid’s Library Perpustakaan Palnam.

Sejak awal masuk ruangan, anak-anak langsung berteriak senang, mendengar suara boneka khas Susan. Mereka diajak bernyanyi hingga bermain tebak-tebakan sambil mendongeng.

Anak-anak pun terlihat senang dan tertawa girang, mendengarkan cerita yang dibawakan penuh dengan pesan moral tersebut.

Ditemui usai kegiatan mendongeng, Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, pihaknya mendatangkan tokoh tersebut bertujuan untuk mengenalkan sejak dini perpustakaan kepada anak-anak, hingga menumbuhkan dan meningkatkan minat baca mereka.

“Ini sudah kesekian kalinya kita datangkan, selain juga pendongeng lain, sebagai upaya promosi perpustakaan dan menumbuhkan literasi anak generasi penerus sejak dini,” kata Nurliani, Banjarmasin, Senin (20/3/2023).

Sementara itu, Ria Enes mengaku senang dapat kembali berjumpa anak-anak di Kalsel, yang diharapkannya dengan momen ini, guru dan orang tua kembali menggalakkan tradisi bercerita.

“Bercerita atau mendongeng ini memang harus kita teruskan. Betapa pentingnya salah satu metode pembelajaran lewat dongeng ini, dan saya kira paling efektif untuk anak, baik mengenal hingga membangun karakter mereka,” ujar Ria. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai