Kehadiran Bunda Literasi Diharapkan Berdampak pada Peningkatan Minat Baca di Batola

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie (kanan) bersama Bunda Literasi Kabupaten Batola, Suharyanti Mujiyat (kiri). dok

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel), Nurliani Dardie mengapresiasi kehadiran Bunda Literasi Kabupaten Barito Kuala (Batola), Suharyanti Mujiyat yang baru saja dikukuhkan pada Senin (27/2) lalu.

Nurliani pun mengharapkan kehadiran Bunda Literasi, dapat mendongkarak minat baca di Bumi Ije Jela tersebut.

“Indeks pembangunan literasi di Batola ini masih rendah dibanding daerah lain di Kalsel, yakni nomor dua terbawah, harapannya ini dapat menjadi semangat baru untuk meningkatkan minat baca,” kata Nurliani melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Rabu (1/3/2023).

Nurliani menuturkan, pengukuhan Bunda Literasi Batola ini, menyusul Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu, Kota Banjarbaru dan Tanah Laut yang telah lebih dahulu dikukuhkan.

“Semoga semua kabupaten/kota di Kalsel segera punya Bunda Literasi, ini sangat penting perannya untuk mendongkrak minat baca,” tuturnya.

Nurliani menambahkan, kehadiran bunda literasi didukung dengan adanya Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Batola yang megah dan baru dibangun dari dana alokasi khusus 2022, sehingga dapat menjadi sarana penunjang peningkatan pembangunan literasi.

Sementara itu, Suharyanti Mujiyat mengungkapkan, siap untuk menjalankan amanah yang dipikulnya, untuk bersama-sama membumikan kegemaran membaca di Bumi Ije Jela.

“Kita akan bergerak ke berbagai sekolah dan pelosok, untuk mensosialisasikan kegemaran membaca, dibantu pengurus PKK kecamatan dan unsur lainnya,” ucapnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai