Bersiap ASO, Ribuan STB Terdistribusi di Kalsel

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim. MC Kalsel/Jml

Sebanyak 6.833 dari total kuota 21.626 Set Top Box (STB) di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) 1 telah terdistribusi, seiring dijadwalkannya Analog Switch Off (ASO) di Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, dan Tanah Laut (Banjarbakula) bersamaan dengan Bali 1 dan Sumatra Selatan 1 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

ASO adalah penghentian siaran televisi analog untuk bermigrasi ke digital, dengan siaran yang lebih bersih, lebih jernih, dan lebih canggih. Dengan ASO, masyarakat bisa menyaksikan tayangan yang lebih berkualitas dan beragam.

“Berdasarkan update dari Kementerian Kominfo saat rapat koordinasi dan evaluasi bantuan STB kemarin, 32 persen STB telah didistribusikan di wilayah Kalsel 1. Angka ini bertambah cukup signifikan dibandingkan data terakhir yang kami terima dari LPS, yaitu di bawah 20 persen,” kata Kepala Dinas Kominfo Kalsel, M Muslim, Banjarbaru, Rabu (1/3/2023).

Meskipun angka distribusi terus meningkat, Muslim mengatakan pemerintah pusat dan daerah akan terus berkoordinasi agar sisa kuota STB dapat segera terealisasi, mengingat syarat ASO adalah 90 persen alat bantu penerima siaran digital tersebut diterima oleh rumah tangga miskin.

“Curah hujan tinggi menjadi salah satu kendala distribusi STB yang disampaikan saat rapat evaluasi, karena STB ini harus didistribusikan door to door sesuai juknis,” ucap Muslim.

Di sisi lain, Muslim mengimbau masyarakat di wilayah Kalsel 1 yang tidak termasuk penerima, namun memiliki televisi analog dan tidak bisa menerima sinyal digital agar segera memasang STB.

“Masyarakat bisa membeli STB di toko elektronik maupun online, jauh-jauh hari sebelum ASO diberlakukan. Pastikan membeli STB yang telah tersertifikasi Kementerian Kominfo dan berlogo SNI,” kata Muslim. MC Kalsel/Jml/AY

Mungkin Anda Menyukai