Melestarikan Permainan Tradisional Banjar

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan mengadakan perlombaan permainan tradisional banjar seperti balogo, badaku, asinan di halaman Kantor BNNP Kalsel, Banjarmasin, Kamis (16/6/2022). MC Kalsel/tgh

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan melestarikan permainan tradisional banjar seperti balogo, badaku, asinan dengan mengadakan perlombaan di halaman Kantor BNNP Kalsel, Banjarmasin. 

Kepala BNN Provinsi Kalimantan Selatan Jackson Lapalonga mengatakan dalam rangka menjelang peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2022 sekaligus mengajak generasi muda untuk tidak melupakan permainan tradisional.

“Jadi ada tiga permainan yang kita gelar yaitu balogo, asinan dan badaku. Ternyata setelah dicoba permainannya cukup susah,” kata Jackson, Kamis (16/6/2022).

Ia berharap melalui kegiatan ini generasi muda dan masyarakat dapat terus membudayakan permainan khas banjar di setiap kegiatan. 

“Budaya khas banjar jangan sampai dilupakan, terus gelorakan permainan ini untuk anak cucu kita nantinya,” ujarnya 

Perlu diketahui bersama setiap tanggal 26 Juni telah ditetapkan Hari Anti Narkotika Internasional dan setiap tahun diperingati sebagai bentuk antisipasi seluruh warga masyarakat terhadap penyalahgunaan narkotika yang ada di lingkungan.

“Sekali lagi saya ingatkan masyarakat dan generasi muda tetap waspada akan bahaya penyalahgunaan narkoba,” katanya. 

Kegiatan diikuti jajaran pegawai BNNP Kalsel dan para pelajar di Kota Banjarmasin dengan rincian peserta permainan badaku ada 10 peserta, balogo 20 orang dan baasin 8 tim.

MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai