Pemprov Kalsel Berkomitmen Lahirkan Atlet Profesional

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Festival Bola Voli Piala Paman Birin Cup antar SMA/SMK Sederajat di SKB Mulawarman, Jumat (17/2/2023). MC Kalsel/tgh

Kejuaraan tiap olahraga, selain ajang berkompetisi untuk menjadi yang terbaik, juga sebagai wahana untuk mengasah mental dan meningkatkan daya saing, serta untuk menjaring bibit-bibit atlet yang berprestasi agar dapat menjadi atlet yang profesional, serta menjadi pribadi yang sportif.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Dan Politik, Sulkan pada pembukaan Festival Bola Voli Paman Birin Cup antar SMA/SMK Sederajat di SKB Mulawarman, Jumat (17/2/2023).

Ia mengatakan, festival bola voli seperti ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan Pemprov Kalsel terus berkomitmen untuk memajukan olahraga di banua.

“Seperti melakukan pembinaan dan peningkatkan kemampuan terhadap para atlet yang potensial, menggelar berbagai kejuaraan secara berjenjang, mulai dari tingkat anak-anak, pelajar, remaja, hingga tingkat dewasa,” ucapnya.

Ia berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan festival ini dengan sebaik-baiknya.

“Namun perlu diingat, dalam setiap pertandingan atau kejuaraan, kita harus menjunjung tinggi sportivitas, mulai dari para atlet, official, panitia dan perangkat pertandingan. Karena dengan sportivitas, pertandingan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dapat membentuk jiwa yang sportif, serta dapat melahirkan yang terbaik sebagai juara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan, Pemprov Kalsel bersama stakeholder terkait, juga terus berupaya untuk menjadi tuan rumah berbagai even olahraga, baik tingkat regional, nasional, bahkan hingga tingkat internasional.

“Tahun 2023, kalau tidak ada hambatan, kita akan menjadi tuan rumah beberapa even olahraga tingkat nasional, seperti pra pon cabang olahraga karate, kemudian turnamen futsal tingkat nasional, serta pekan olahraga mahasiswa nasional atau Pomnas ke-18 tahun 2023,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pembudayaan Olahraga Kalsel, Budiono mengharapkan melalui even Festival Bola Voli Piala Paman Birin Cup tahun 2023, bisa menghasilkan atlet-atlet muda yang berprestasi.

“Diharapkan dapat menghasilkan atlet yang berprestasi, sehingga mampu memperkuat tim Kalsel pada even selanjutnya,” kata Budiaoni.

Kegiatan festival bola voli diselenggarakan selama 4 hari dan diikuti 32 tim terdiri atas 16 tim putra dan 16 tim putri tingkat SMA dan SMK yang ada di Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Jadi kegiatan ini diikuti perwakikan sekolah di kabupaten/kota. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp50 juta terdiri atas Rp25 juta untuk tim putra dan Rp25 juta untuk tim putri,” ujarnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai