Dispar Mengklaim Kunjungan Wisatawan ke Kalsel di 2022 Meningkat

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengklaim tingkat kunjungan wisatawan di 2022 mengalami peningkatan dibandingkan dengan 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan di 2022 tingkat kunjungan untuk wisatawan mancanegara mencapai 40.296 orang, dan wisatawan domestik sekitar 11.266.328 orang.

Sementara pada 2020, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara tercatat sekitar tujuh ribu kunjungan, dan 2021 sekitar tiga ribu kunjungan. Angka tersebut meningkat signifikan di 2022.

“Jumlah kunjungan 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2020-2021 kemarin, mengingat pada tahun tersebut sedang terjadi wabah pandemi COVID-19,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Senin (9/1/2023).

Syarifuddin menuturkan, sebelumnya pada saat peluncuran Calander Of Event 2023 di Bali, dia mengakui bahwa pihak Lion Air siap membuka kembali jalur penerbangan Banjarmasin-Bali, Bali-Banjarmasin.

“Dengan nanti dibukanya kembali jalur penerbangan tersebut, kita yakin akan banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Kalsel,” tuturnya.

Sementara kepada para pengelola objek wisata, Syarifuddin berpesan agar terus menjaga penerapan protokol kesehatan di objek wisata yang dikelola untuk mempertahankan tren peningkatan kunjungan wisatawan.

“Selain protokol Kesehatan, pemerintah juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster, guna menangkal penyebaran virus COVID-19,” ucapnya.

Tidak hanya protokol kesehatan, pengelola objek wisata juga diimbau untuk melengkapi rambu-rambu keselamatan, mengingat saat ini sedang terjadi cuaca ekstrim disejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Kalsel.

“Kelengkapan rambu-rambu ini perlu diperhatikan, sebagai bentuk upaya antisipasi agar wisatawan yang berkunjung tahu areal yang berbahaya dan mereka bisa berhati-hati. Pengelola bisa berkoordinasi dengan Dispar setempat terkait kelengkapan rambu tersebut,” tungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai