Pemprov Kalsel Berupaya Turunkan Tingkat Pengangguran Terbuka

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti. MC Kalsel/usu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel lakukan sosialisasi terhadap kartu prakerja kepada para pencari kerja untuk menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).

Kepala Disnakertrans Kalsel, Irfan Sayuti mengungkapkan, baru – baru ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke beberapa kabupaten/kota dalam mengedukasi program kartu prakerja.

“Masyakarat dan sekolah, khususnya siswa kelas 12 di beberapa kecamatan, sudah kami datangi untuk memberikan informasi tentang program prakerja ini,” ucapnya, di Banjarmasin, Senin (9/1/2023).

Lebih lanjut, pada tahun 2022 Kalsel terdapat 383.628 orang telah menjadi penerima program ini, yang mana jumlah ini terbanyak di pulau Kalimantan.

Oleh karena itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat yang berhasil mengikuti pelatihan agar dapat bersungguh – sungguh menjalaninya.

“Sehingga ilmu yang didapat bisa digunakan untuk mencari pekerjaan ataupun membuka usaha sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Wahyudin Noor menambahkan di tahun ini pelatihan prakerja direncanakan akan digelar secara luring. 

Dengan pelatihan secara luring ini akan membuat masyarakat lebih maksimal dalam mengikutinya.

“Dengan pembelajaran secara luring akan membuat masyarakat lebih memahami isi materi yang diberikan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai