Vaksinasi Covid-19 Kepada Tenaga Kesehatan Di Kalsel Capai 65,72 Persen

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, M. Muslim saat di Ruang Kerjanya, Banjarmasin, Rabu (17/2/2021). MC Kalsel/tgh

Pemberian vaksinasi COVID-19 kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kalimantan Selatan sudah mencapai 65,72 persen.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, M. Muslim saat di Ruang Kerjanya, Banjarmasin, Rabu (17/2/2021).

“Capaian progres vaksin di Kalsel telah mencapai 65.70 persen. Pemberian Vaksin tersebut dinilai berjalan cukup lancar,”  katanya.

Menurutnya capaian vaksinasi selama dua bulan masih sekitar itu, ada beberapa yang tertunda dan diminta kembali untuk divaksinasi karena kriteria untuk melakukan vaksin belum bisa. 

Seperti ada penyakit hipertensi, akhirnya ditunda dulu. Misalkan ada penyakit komorbid, sepanjang tidak ada komplikasi akut boleh dilakukan vaksinasi, ibu menyusui juga boleh dan orang yang pernah atau sembuh covid setelah tiga bulan lalu juga dapat diberikan.

“Kriterianya semakin longgar, mengingat fakta dari para ahli bahwa vaksin yang ada menunjukan bagus kemampuannya,” ungkapnya.

Ia berharap proses vaksinasi selanjutnya dapat diselesaikan tepat waktu. Apalagi vaksinasi dilakukan tanpa libur. 

“Diharapkan vaksinasi bagi Nakes selesai tepat waktu sehingga bisa dilanjutkan pemberian vaksinasi terhadap sasaran berikutnya,” tuturnya.

Oleh karena itu,  lanjut Muslim menyampaikan pada bulan Maret mendatang, proses vaksinasi masuk kepada tahap sasaran berikutnya setelah nakes dan penunjang kesehatan lainnya.

“Nanti masuk ke Lansia dan petugas publik lainnya seperti ASN, TNI, Kepolisian dan berbagai kelompok yang memberikan pelayanan pada masyarakat,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai