Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Waspada menghadapi cuaca ekstrem. BPBD Kalsel/dok

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengimbau kepada masyarakat sehubungan dengan perubahan cuaca yang sewaktu-waktu menjadi ekstrem.

“Mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi-potensi bencana di lingkungan kita,” sebut Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel, R Suria Fadliansyah, Banjarbaru, Rabu (28/12/2022).

Suria mengimbau warga untuk memperkuat pondasi bangunan, melakukan pengecekan kembali bagian-bagian rumah yang rentan terdampak oleh terpaan angin kencang, menyiapkan tas siaga bencana, mengamankan barang berharga atau elektronik, dan menebang pohon-pohon yang lapuk.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Kalsel juga meminta kerja sama kepada masyarakat untuk memberikan informasi terkait dengan ancaman bencana melalui aplikasi InaRisk Personal, kemudian dapat memantau informasi terkait peringatan dini bahaya melalui instagram @cuacakalsel atau website resmi BMKG.

“Juga lebih waspada apabila melakukan langkah evakuasi keluarga, diskusikan bersama keluarga terkait langkah-langkah mengantisipasi ancaman bencana,” ujar Suria.

Disebutkan Suria, ajakan tidak sekadar imbauan namun juga sebagai langkah Pemerintah Provinsi Kalsel memitigasi atau meminimalisir hal-hal kemungkinan yang bisa terjadi dan tidak diinginkan. MC Kalsel/fuz

Mungkin Anda Menyukai