Warga Kalsel Diimbau Untuk Waspada Akan Gelombang Tinggi Air Laut

Peringatan gelombang tinggi oleh BPBD Kalsel.dok

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengeluarkan peringatan terkait dengan Informasi Peringatan Gelombang Tinggi di wilayah Kalsel.

“Informasi terbaru dari BMKG, tanggal 27 – 28 Desember 2022 disebutkan, perairan di beberapa wilayah Kalsel dengan gelombang sedang, 1,25 hingga 2,50 meter,” kata R Suria Fadliansyah, Rabu (28/12/2022).

Dijelaskan Suria, jika pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat ke Utara dengan kecepatan angin berkisar 8 hingga 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian Tengah dan Timur, perairan Selatan Kalsel, Selatan Makassar bagian Selatan, Laut Flores, perairan Kepulauan Kai-Aru, Laut Banda, perairan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru.

Suria menyampaikan, atas kecepatan pergerakan angin tersebut, wilayah Kalsel merupakan salah satu daerah yang terdampak.

“Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk dua hari ke depan yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1,25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan,” tambah Suria.

Terkait dengan itu, kepada nelayan atau warga yang melakukan aktivitas perairan, diimbau untuk terlebih dahulu melihat prakiraan cuaca dan prediksi arah angin sebelum beraktivitas. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai