Diskominfo Terima Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara dalam Dokumen dan Wajah Bahasa Lembaga

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim (kiri) menerima penghargaan dari Balai Bahasa Kalsel. MC Kalsel/Jml

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara dalam Dokumen dan Wajah Bahasa Lembaga dari Balai Bahasa Kalsel.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Widya Bahasa Balai Bahasa Kalsel, Musdalifah Kepada Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim di Kantor Diskominfo Kalsel, Banjarbaru, Selasa (27/12/2022).

Usai menerima penghargaan tersebut, Muslim bersyukur dan berharap instansi yang dia pimpin bisa terus meningkatkan prestasinya agar kedepan dapat memberikan contoh pengutamaan bahasa yang baik.

“Dengan adanya penghargaan yang kami terima ini bisa meningkatkan prestasi lebih baik lagi, terlebih dalam penggunaan Bahasa Indonesia,” ujar Muslim.

Sementara itu, Musdalifah menjelaskan penilaian pengutamaan bahasa ini dilakukan selama tiga tahun berturut-turut, itu merupakan bagian dari program nasional dan dari hasil penilaian tersebut Diskominfo Kalsel terpilih sebagai mitra Balai Bahasa karena telah memenuhi standar kaidah bahasa penulisan.

“Kami juga meminta data baik itu surat dinas, kemudian wajah bahasa seperti papan nama dan tulisan di instansinya,” ungkap Musdalifah.

Musdalifah menuturkan, instansi ini wajar menerima penghargaan kategori kegiatan pengutamaan bahasa negara yang sebelumnya telah mendapat pendampingan dari pihak Balai Bahasa Provinsi Kalsel.

“Pada 2024, nanti ada finalnya. Disana akan pemberian peringkat ke instansi mana yang layak mendapatkan penghargaan tertinggi berdasarkan nilai kebahasaannya,” beber Musdalifah.

Dari 54 instansi/lembaga di Kalsel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi dan Setdaprov Kalsel juga turut andil dalam penganugerahan tersebut. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai