Pemprov Kalsel Antisipasi Bencana Pada Musim Hujan

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar saat membuka Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi dan Rencana Penanggulangan Bencana Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Gedung Idham Chalid di Banjarbaru, Senin (1/11/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar membuka Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi dan Rencana Penanggulangan Bencana Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Gedung Idham Chalid di Banjarbaru. 

“Hari ini kita semua berkumpul dalam rangka rapat koordinasi memastikan kesiapan terhadap penanganan bencana di Kalimantan Selatan dalam rangka mengantisipasi berbagai kejadian bencana seperti banjir, longsor, angin puting beliung, dan gelombang pasang rob yang bisa terjadi pada musim hujan,” sebut Roy Rizali Anwar, Selasa (1/11/2022).

Lanjut, pemerintah daerah berharap agar seluruh pemangku kepentingan dapat saling berkoordinasi dan berkolaborasi, untuk melakukan langkah-langkah awal pemetaan terhadap daerah rawan bencana.

“Kita pasti tahu daerah mana, desa mana, wilayah mana yang potensi banjirnya cukup besar dengan hujan sedikit saja pasti banjir, pastikan sarana prasarana ataupun peringatan dini untuk mengurangi dampak banjir termasuk evakuasi dan tempat evakuasi sudah tersedia,” katanya.

Untuk membangun kesiapsiagaan, salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan menyebarluaskan informasi secara terarah dan terukur.

“Khususnya mengenai langkah-langkah yang sepatutnya dilakukan masyarakat dalam menyikapi situasi bencana tersebut. Saya minta agar kepala BPBD baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota serta seluruh elemen yang terkait TNI-Polri, instansi pemerintah serta dunia usaha dan masyarakat dapat saling membantu dalam menangani bencana agar lebih cepat,” tutup Roy. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai