Bergerak Secara Militan Bumikan Minat Baca Walau di Medan Sulit

Kunjungan Tim Perpustakaan Keliling ke MI dan MTSN Miftahul Ulum Desa Lok Buntar, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Dispersip Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel terus bergerak mempromosikan minat dan budaya baca kepada masyarakat diberbagai wilayah di Banua.

Pada Selasa (25/10) lalu, tim perpustakaan keliling Dispersip Kalsel menyambangi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum dan MTSN Miftahul Ulum yang terletak di Desa Lok Buntar Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. 

Lokasi yang didatangi pun jauh dari pusat perkotaan serta jalan yang sempit dan melewati jembatan gantung yang tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie melalui siaran persnya mengaku bangga dengan timnya yang terus bergerak secara militan membumikan minat baca dan literasi kepada masyarakat Kalsel walau melewati medan yang sulit.

“Pastinya bangga dong, punya pasukan militan tahan disegala medan, semoga dengan datangnya tim perpustakaan keliling diharapkan terus memacu anak-anak dan masyarakat untuk mencintai budaya literasi sebagai bekal untuk mencapai cita-cita,” ucap Nurliani, Banjarmasin, Sabtu (29/10/2022).

Nurliani menyebut, sempat terjadi kendala karena timnya belum mengetahui medan, namun hal itu tidak membuat mereka putus asa.

“Sempat terjadi kendala, namun sudah terlanjur menugaskan beberapa unit mobil pusling roda empat ditambah tujuh unit roda dua (trail pustaka), setelah mengetahui lokasi sasaran sekolah berada diseberang sungai yang dihubungkan oleh jembatan gantung dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, padahal banyak properti yang dibawa dalam mobil seperti beberapa kostum badut dan soundsystem, karpet, genset dan lain-lain, Namun  apapun halangan, rintangan dan betapapun kendala tersebut tidak lantas  membuat kami putus asa,” kata Nurliani.

Nurliani pun menjelaskan, setibanya disekolah tim pusling langsung disambut wajah yang gembira baik guru dan anak-anak yang ingin membaca buku dan juga menikmati hiburan seperti senam jari, senam sehat serta di meriahkan oleh badut karakter agar menambah suasana ceria untuk anak-anak.

Sementara itu, Kepala MI Miftahul Ulum, Abdurahman Sidik mengaku senang dan mengucapkan terima kasih kepada Dispersip Kalsel yang telah bersedia mengirimkan tim perpustakaan kelilingnya.

“Alhamdulillah ini merupakan kunjungan yang pertama tim perpustakaan keliling Dispersip Kalsel hadir di Madrasah kami, semoga kunjungan ini menjadi tonggak awal kerjasama yang baik antara Dispersip Kalsel dengan Madrasah kami dan semoga kunjungan ini terus berlanjut,” tutur Abdurahman.

Senada, Kepada MTSN Miftahul Ulum, Abdul Sani turut mengucapkan terima kasih atas buku-buku bacaan yang dibawa oleh tim perpustakaan keliling Dispersip Kalsel. Sani pun berharap, kunjungan tersebut dapat memotivasi anak-anak disekolahnya untuk rajin membaca.

“Kami sangat berterima kasih sekali, karena ini merupakan yang pertama kalinya datang ke sekolah kami. Semoga kunjungan ini memotivasi anak didik kami untuk lebih rajin membaca buku,” ucap Sani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai