Untuk Kesembuhan TB Paru, RSUD Moch Ansari Saleh Ajak Masyarakat Manfaatkan Kartu PMO

Direktur RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo. MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moch Ansari Saleh Banjarmasin mengajak kepada masyarakat untuk memanfaatkan kartu Pengawas Menelan Obat (PMO) Tuberkulosis (TB) paru.

“Manfaat dari penggunaan kartu PMO TB paru itu, diantaranya penyakit TB pengobatannya lama minimal enam bulan sehingga pasien lebih taat dan teratur minum obat, pasien menjadi lebih mendapat perhatian dan support dari keluarga untuk menjalani pengobatan TB, mengurangi angka putus obat dan kegagalan pengobatan TB, menurunkan angka TB Multi Drug Resistant (MDR) dan meningkatkan angka kesembuhan pasien TB,” ucap Direktur RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo, Banjarmasin, Kamis (27/10/2022).

Among menyampaikan, PMO TB paru itu seseorang yang dipercaya untuk memantau penderita TB paru untuk minum obat secara teratur.

“PMO dapat dilakukan oleh perawat atau dokter, bidan desa, tenaga kesehatan lainnya, anggota keluarga, kader kesehatan, tokoh masyarakat atau tokoh agama,” sebut Among.

Menurut Among, PMO berperan untuk mengawasi penderita TB paru minum obat teratur sampai selesai, memberikan motivasi untuk minum obat teratur, periksa ulang dahak, edukasi kepada keluarga penderita terkait tanda gejala dan pencegahan TB paru.

“Jadi kita harus dapat memastikan penderita TB paru minum obat secara lengkap dan teratur serta melakukan pemeriksaan dahak ulang sesuai jadwal, mencegah penderita TB paru mangkir atau putus berobat dan mengenali dengan cepat terjadinya efek samping Obat Anti Tuberkulosis (OAT) pada penderita,” ungkap Among.

Among menjelaskan, edukasi yang harus diberikan oleh PMO, yaitu TB paru disebabkan oleh kuman bukan penyakit keturunan, TB paru dapat disembuhkan dengan melakukan pengobatan teratur, informasi efek samping minum obat TB paru, cara pemberian pengobatan dan pentingnya pengawasan minum obat TB paru.

Among pun mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien yang berobat di rumah sakit ini.

“Kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas di RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin,” kata Among. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai