Disbunnak Kalsel Prediksi Permintaan Hewan Kurban Meningkat

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi. MC Kalsel/scw/dok

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan (Kalsel) memprediksi permintaan hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan sedikitnya 10 persen.

“Pada tahun lalu sekitar 12.512 ekor, perkiraan jumlah hewan kurban yang akan dipotong pada hari raya Idul Adha tahun ini sebanyak 13.763 ekor,” kata Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi, Banjarbaru, Rabu (7/7/2021).

Meskipun meningkat, Suparmi optimis kebutuhan tersebut dapat terpenuhi, sebab ketersediaan sapi di Kalsel hingga bulan Juni lalu mencapai 14.810 ekor atau surplus 1.047 ekor.

Sedangkan untuk jenis hewan kurban lainnya, Suparmi memperkirakaan permintaan kambing mencapai 2.090 ekor, kerbau 468 ekor, dan domba 14 ekor.

Suparmi menyebutkan, selain dari peternak di Kalsel, hewan kurban juga didatangkan dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

“Berdasarkan informasi pelaku usaha yang mendatangkan sapi ke Kalsel, akan didatangkan 2.800 ekor sapi untuk menambah persediaan hewan kurban pada tahun ini,” kata Suparmi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai