Kaji Tiru Pengembangan Pembinaan Perpustakaan Kalsel

Kunjungan Dispersip Kabupaten Kotawaringin Barat ke Perpustakaan Palnam. MC Kalsel/Jml

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima kunjungan dari rombongan Dispersip Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Rombongan dipimpin Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca, Aldrin A Tindan ini diterima oleh Sekertaris Dispersip Kalsel, Endang Camsudin beserta jajaran.

Pada kunjungan ini, rombongan Dispersip Kotawaringin Barat turut diajak melihat sejumlah fasilitas dan pelayanan yang ada di Perpustakaan Palnam.

Aldrin pun memuji pelayanan dan fasilitas Perpustakaan Palnam yang menurutnya nayaman dan bagus.

Ditemui usai kunjungan, Aldrin mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka kaji tiru pengembangan pembinaan perpustakaan di Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Kami perlu banyak menggali dari yang punya pengalaman lebih banyak. Kami juga merasa terpanggil untuk mengembangkan perpustakaan menjadi pusat kegiatan dan pendidikan seperti yang dilakukan oleh Dispersip Kalsel,” kata Aldrin, Banjarmasin, Kamis (27/10/2022).

Tidak hanya pembinaan perpustakaan, pada kesempatan tersebut rombongan Dispersip Kotawaringin Barat juga berdiskusi tentang peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM).

“Kami juga ingin belajar tips dan trik Dispersip Kalsel dalam meningkatkan IPLM, mengingat Provinsi Kalsel berhasil meraih IPLM tertinggi se-Indonesia selama dua tahun berturut-turut,” tutur Aldrin.

Aldrin pun berkomitmen untuk menerapkan apa yang didapat pada kunjungannya ini agar minat baca dan IPLM di Kotawaringin Barat bisa lebih baik lagi.

“Meskipun bukan sebagai tujuan akhir, namun untuk peningkatan IPLM terus kita laksanakan. Kami pun berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kami sesuai dengan apa yang kami dapat pada kunjungan ini,” imbuh Aldrin.

Sementara itu, Endang mengaku senang atas kunjungan yang dilakukan oleh Dispersip Kabupaten Kotawaringin Barat ini.  Dia pun berpesan agar pelayanan perpustakaan dan kearsipan disana bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Salah satu yang menjadi kunci untuk meraih IPLM tertinggi, yakni dengan meningkatkan pelayanan perpustakaan kita kepada masyarakat. Kita harus memastikan pelayanan yang kita berikan tersebut bisa dinikmati dengan nyaman oleh masyarakat,” ujar Endang. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih