Gagal Ginjal Akut Belum Ditemukan di Kalsel

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Izaak Zoelkarnain Akbar. MC Kalsel/usu

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin terus memantau kasus Gangguan Ginjal Akut (GGA) di Kalsel.

Direktur RSUD Ulin, Banjarmasin, Izaak Zoelkarnain Akbar menjelaskan, hingga saat ini masih belum ada temuan kasus GGA pada anak di lingkungan RSUD Ulin.

“Dari laporan kelompok staf medis anak, sampai saat ini belum ada terdeteksi anak yang terkena penyakit tersebut,” ucapnya, Banjarmasin, Jumat (21/10/2022).

Lanjut, Izaak memberitahukan apabila ada masyarakat yang mengalami gejala GGA segera melaporkan ke faskes terdekat, supaya dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Menurut data dari kemenkes RI hingga saat ini, penyebab terjadinya gagal ginjal masih belum diketahui.

“Akan tetapi ciri-ciri seorang terkena GGA seperti, demam, gangguan pencernaan seperti muntah dan diare, gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek, tidak bisa kencing atau volume urine yang keluar sangat sedikit,” tuturnya.

Untuk itu, Izaak mengimbau kepada para orang tua agar tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Serta selalu makanan yang bergizi dan  seimbang, tidak jajan sembarangan, minum air matang dan pastikan imunisasi anak rutin dan lanjuti dilengkapi,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai