Pemprov Kalsel Berikan Penghargaan Geospasial Banua Award 2022

Para pemenang Geospasial Banua Award 2022 berfoto bersama setelah penyerahan penghargaan di Banjarmasin, Jumat (23/9/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan penghargaan Geospasial Banua Award 2022 kepada 6 SKPD Pemprov Kalsel dan 6 kabupaten/kota di Kalsel.

Penyerahan penghargaan dan piagam langsung dilakukan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalsel, Nurul Fajar Desira didampingi Kepala Bappeda Kalsel, Ariadi, Ketua DPRD Kalsel Supian HK dan pejabat lainnya. 

Dalam sambutannya, Nurul Fajar Desira mengatakan penyelenggaraan informasi geospasial, tidak akan berjalan optimal tanpa adanya jaringan informasi geospasial di kabupaten/kota dan peran aktif SKPD Provinsi sebagai unit produksi.

“Peran tersebut sangat diperlukan untuk melengkapi informasi geospasial tingkat provinsi dan nasional, sehingga tercapai perencanaan pembangunan berbasis kewilayahan yang efektif dan efisien,” kata Fajar, Jumat (23/9/2022) malam.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kalsel, Ariadi menambahkan penghargaan Geospasial Banja Award merupakan adopsi dari bhumandala award dan Kalsel daerah yang pertama menyelenggarakan kegiatan ini.

“Sampai saat ini, Kalsel merupakan satu-satunya provinsi yang menyelenggarakan di tingkat daerah,” ujarnya.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan upaya untuk mendorong SKPD Provinsi dan Kab/kota dalam mengembangkan simpul jaringan untuk mewujudkan tersedianya data informasi Geospasial yang handal, mutakhir, falid dan dapat dipertanggung jawabkan serta mudah diakses sesuai kewali dataannya.

“Jadi kita mendorong optimalisasi kinerja simpul jaringan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam meningkatkan informasi Geospasial,” ujarnya. 

Adapun enam SKPD Pemprov Kalsel meraih penghargaan yaitu Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural juara I, Dinas Energi Sumber Daya Mineral juara III, Dinas Lingkungan Hidup juara III, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman juara harapan I, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa juara harapan II, dan Dinas Sosial juara harapan III. 

Sedangkan kabupaten/kota peraih penghargaan yaitu Kabupaten Tabalong juara I, Kota Banjarmasin juara II, Kabupaten Kotabaru juara III, Kabupaten HSS juara harapan I, Kota Banjarbaru juara harapan II dan Kabupaten Balangan harapan III. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai