Dispersip Upayakan Peningkatan Minat Baca bersama Ketua Komisi IV DPRD Kalsel di Tabalong

Roadshow Sosialisasi Minat Baca di Kabupaten Tabalong. Dispersip Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel melaksanakan roadshow sosialisasi peningkatan minat baca kepada sejumlah pengelola perpustakaan baik tingkat sekolah atau madrasah, perpustakaan desa, serta para guru di Kabupaten Tabalong.

Pada sosialisasi kali ini, pihak Dispersip Kalsel turut menggandeng Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, Lutfi Saifuddin selaku narasumber kegiatan tersebut.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengaku senang atas kehadiran Ketua Komisi IV DPRD Kalsel sebagai narasumber di kegiatan yang dia inisiasi. 

“Saya sangat senang Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Bapak Lutfi bersedia hadir pada kegiatan sosialisasi kami, ini merupakan salah satu bukti support wakil rakyat khususnya komisi yg membidangi pendidikan dan kesehatan ini terhadap minat baca di Banua,” kata Nurliani melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Sabtu (24/9/2022).

Nurliani menuturkan, kegiatan sosialisasi peningkatan minat baca dilaksanakan guna mendukung visi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yakni Kalsel Maju (Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan). 

“Melalui kegiatan ini kami ingin mempromosikan literasi, dan juga sebagai tindak lanjut mempertahankan IPL (Indeks Pembangunan Literasi) Kalsel yang tertinggi se-Indonesia di 2020 dan 2021 serta meningkatkan minat baca masyaratkat di Kalsel,” tegas Nurliani.

Sedangkan Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Lutfi Saifuddin meminta kepada semua pihak, khususnya di Kabupaten Tabalong untuk mendukung peningkatan minat baca dan literasi di Kalsel.

“Dengan menumbuhkan dan mengembangkan minat baca kita bisa membudayakan literasi di Kabupaten Tabalong. Literasi tidak hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mengelola informasi, menganalisa, dan mengimplementasikannya dalam kehidupan,” tutur Lutfi.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kabupaten Tabalong, Herwandi mengaku senang atas dipilihnya Kabupaten Tabalong sebagai salah satu tujuan dalam roadshow peningkatan minat baca dan literasi yang dilakukan oleh Dispersip Kalsel.

Herwandi pun berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan wawasan pengetahuan bagi masyarakat akan peran dan manfaat perpustakaan serta kesadaran menumbuhkan minat baca di Kalsel, khususnya di Kabupaten Tabalong yang berbatasan langsung dengan IKN.

“Kami seluruh jajaran Dispersip Kabupaten Tabalong, beserta seluruh peserta senang sekali karena sebelumnya jarang ada kegiatan semacam ini. Apalagi Bunda Nunung (sapaan Kepala Dispersip Kalsel) yang selama ini selalu membimbing Dispersip Tabalong untuk terus meningkatkan kemampuan dalam memajukan Dispersip Tabalong berhadir langsung pada kegiatan ini,” ucap Herwandi. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai