Disperin Kalsel Fasilitasi IKM dalam Meningkatkan Inovasi Produksi Desain Animasi

Foto bersama usai pembukaan Pelatihan Animasi Proses Produksi, Banjarbaru, Senin (27/2/2023). MC Kalsel/Ar

Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memfasilitasi para Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam proses desain animasi berbasis teknologi digital.

“Jadi hari ini dilaksanakan Pelatihan Animasi Proses Produksi dan kami terus berusaha untuk mengupgrade ilmu dari IKM di Kalsel agar dapat memenuhi permintaan pasar,” ucap Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri, Saptono mewakili Kepala Disperin Provinsi Kalsel, Mahyuni, di Banjarbaru, Senin (27/2/2023).

Disampaikan Saptono, teknologi informasi perlu dilakukan kepada IKM karena penting agar produk-produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk industri besar atau produk impor.

“Pemanfaatan teknologi sangat membantu para IKM dalam mengembangkan potensi masing-masing melalui media dan menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam usaha meningkatkan minat audiens terhadap produk dan jasa yang ditawarkan,” ungkap Saptono.

Dijelaskan Saptono, daya saing IKM memang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka pengembangan usahanya dengan memanfaatkan inovasi dan tekonologi di bidang pengembangan, pembuatan keputusan dan pemasaran produk.

Saptono pun menyampaikan, IKM merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan IKM dipandang sebagai sektor yang handal dalam menghadapi terpaan krisis ekonomi.

“Sehingga terbukti ketika terjadi krisis ekonomi maka IKM masih tetap eksis dan usaha besar banyak yang gulung tikar,” kata Saptono. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai