Bimtek Digital Mantapkan Fungsi dan Peran Admin e-Absen SKPD

Suasana Bimtek Digital e-Absen oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Digital Penggunaan Elektronik Absensi (e-Performance/e-Absen).

Kegiatan yang dibuka Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim inipun diikuti seluruh admin e-Absen dari semua SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

Muslim mengatakan, melalui Bimtek ini ingin memantapkan fungsi dan peran admin e-Absen di setiap SKPD dalam meningkatkan kinerja ASN melalui sistem Aplikasi Kinerja Kalimantan Selatan (APIK).

“Di aplikasi APIK tersebut terdapat fitur absensi kehadiran ASN dan juga terkait perhitungan kinerja dan kerja ASN, yang mana ini berkaitan dengan pemberian tunjangan kinerja melalui Tambahan Perbaikan Penghasilan (TPP),” kata Muslim, di Ruang Rapat Maksid, Banjarbaru, Jum’at (2/9/2022).

Untuk itu, Muslim meminta kepada seluruh admin di setiap SKPD untuk benar-benar mengikuti kegiatan ini, dan berdiskusi bersama mencari solusi terkait permasalahan dalam penerapan e-Absen ini, mengingat mereka bisa dikatakan sebagai penentu nasib teman-teman ASN lainnya.

“Untuk itu mari kita berdiskusi bersama terkait permasalahan yang ada, misalnya seperti keterlambatan yang hanya beberapa detik atau menit, yang bisa saja dikarenakan terlupa atau kendala non teknis lainnya. Apalagi BKD juga memastikan bahwa kinerja ASN itu juga terkoneksi dengan kehadiran,” tutur Muslim.

Pada kesempatan ini, Muslim juga mengingatkan agar para admin di setiap SKPD turut mengupdate informasi terkait kerja dan kinerja SKDP melalui website masing-masing agar bisa tersampaikan kepada masyarakat.

“Saya berharap para admin ini bisa menjadi pintu untuk menyampaikan informasi kinerja dari SKPD masing-masing, agar bisa tersampaikan kepada masyarakat,” ucap Muslim. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai