Meriahkan Peringatan HAN dengan Menurunkan Armada Perpustakaan Keliling

Keramaian masyarakat didepan armada perpustakaan keliling milik Dispersip Kalsel di Lapangan Murjani Banjarbaru. Dispersip Kalsel/dok

Guna menumbuhkan minat baca pada anak usia dini sekaligus memeriahkan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menurunkan armada perpustakaan kelilingnya pada kegiatan Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Anak, bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalsel dan Forum Anak Daerah Kalsel, pada (31/7) kemarin.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, pihaknya sengaja mengikuti kegiatan tersebut untuk memeriahkan dan mempromosikan minat baca sebagai upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kalsel.

Pada kampanye tersebut, Tim Perpustakaan Keliling membawa pasukan lengkap di stan Dispersip Kalsel, yang menghadirkan banyak bahan bacaan, tempat duduk beserta meja, hingga badut karakter yang menjadi perhatian pengunjung dan anak-anak.

“Kami turun dengan kekuatan penuh, empat mobil dan enam badut karakter untuk menarik perhatian. Semoga nantinya mereka merasa selalu ingin dan tertarik ke perpustakaan,” kata Nurliani, melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Senin (1/8/2022).

Kehadiran Tim Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel ini pun mendapatkan sambutan baik dari masyarakat, orang tua dan juga tenaga pendidik PAUD yang membawa anak-anaknya pada kampanye ini.

“Mereka sangat senang dan antusias melihat-lihat buku, apalagi lihat badutnya. Pelayanannya juga sangat ramah dan dapat makanan ringan,” ungkap Pengelola PAUD Citra Indonesia Banjarbaru, Widi Sulistiowati, usai mampir bersama anak didiknya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Murjani Banjarbaru tersebut turut dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang menyerukan kampanye upaya edukasi terkait pemenuhan hak-hak anak di berbagai sektor dan pencegahan kekerasan terhadap anak. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai