Coffee Talk Diskominfo Angkat Isu Pembangunan Prioritas Dukung Kalsel sebagai Gerbang IKN

Foto bersama pada coffee talk yang rutin digelar Diskominfo Provinsi Kalsel bersama insan media. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel melaksanakan Coffee Talk mengangkat isu Pembangunan Prioritas untuk Mendukung Kalsel sebagai Gerbang IKN dengan narasumber dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel dan Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (20/6/2023).

Tujuan dilaksanakannya Coffee Talk atau konferensi pers bersama insan media cetak maupun elektronik yaitu untuk mengetahui pembangunan yang sudah dilaksanakan serta akan dilaksanakan di sektor jalan dan transportasi sebagai pendukung IKN.

Kepala Dishub Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi diwakili Kepala Bidang Pelayaran, Agung Rahmadi mengatakan, pendukung disisi perhubungan saat ini yang telah berjalan dari sisi transportasi darat yaitu penyediaan Layanan Angkutan Umum BRT dengan 10 Koridor dan BTS yang melayani rute Banjarmasin-Banjarbaru- Bati-bati- Marabahan dan Bandara Syamsudin Noor.

“Untuk transportasi udara, akan dimaksimalkan
kapasitas layanan Bandara Internasional Syamsudin Noor seperti pembukaan rute-rute penerbangan baru (internasional),” kata Agung.

Selanjutnya, Agung menyebutkan saat ini akan dilakukan pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Mekar Putih untuk menjadi pelabuhan utama di Kotabaru untuk pelayaran internasional dengan potensi kedalaman +20 m dengan bobot kapal #100.000 – 150.000 DWT untuk Dukungan Kawasan Ekonomi Khusus Mekar Putih.

“Sarana transportasi kereta api masih dalam tahap studi master plan dan trase kereta api yang terhubung dengan IKN (Banjarmasin-Tanjung),” ujar Agung.

Sementara itu, Kepala Seksi Jalan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Wahid Ramadani mengatakan, hingga saat ini pembangunan jalan untuk dukungan IKN yakni jalan lintas Banjarbaru- Batulicin yang ditargetkan selesai 2024 mendatang.

“Alternatif jalan ke IKN lainnya yakni jalan lingkar barat dari Banjarmasin yang sudah dikerjakan Kementerian PUPR saat ini melalui Sungai Puting sampai Kabupaten HSS. Namun jalur dari Kabupaten HSS masih menunggu alternatif jalan selanjutnya agar bisa sampai di IKN,” ucap Wahid. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai