Gernas BBI di Kalsel Hasilkan Transaksi Rp500 Juta

Foto bersama dalam kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Taman Siring 0 KM Banjarmasin.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Taman Siring 0 KM Banjarmasin ditutup dengan mencatat jumlah transaksi yang cukup banyak selama pelaksanaan sejak tanggal 22-24 Juli 2022.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar menyampaikan capaian Gernas BBI kali ini memberikan momentum untuk mengkampanyekan kecintaan terhadap produk buatan Indonesia. 

“Selama tiga hari, Gernas BBI ini tercatat transaksi yang cukup banyak yakni sebesar Rp500 juta, saya percaya bahwa potensi produk-produk buatan tanah air dapat memberikan nilai positif bagi peningkatan perekonomian bangsa,” sebut Roy Rizali Anwar, Minggu sore (24/7/2022).

Gernas BBI ini diselenggarakan menjadi sarana penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk mengajak masyarakat baik di Kalimantan Selatan maupun di Indonesia untuk selalu bangga menggunakan produk lokal.

Melihat catatan sejarah, UMKM Indonesia terbukti tahan krisis ekonomi sejak 1998, namun semenjak pemberlakukan social distancing saat pandemi covid-19, UMKM terdampak cukup besar.

Pemerintah pusat dan daerah kini bersinergi untuk berupaya agar ekonomi masyarakat mendapatkan perhatian, masa pandemi mulai melandai sehingga perekonomian perlu didukung dan bangkit kembali.

“Diperlukan strategi khusus dalam menumbuhkan kembali geliat UMKM agar bertahan dalam segala situasi, UMKM harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi internet, menempatkan produk-produknya dalam marketplace yang ada agar produk yang dihasilkan dapat terjual kepada masyarakat,” lanjut Roy. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai