Lindungi Warisan Budaya Melalui Inventarisasi WBTB Sebagai Database Kalsel

Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati 

Untuk melindungi Data Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang dimiliki Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan melalui Bidang Kebudayaan akan membuat sistem database inventarisasi.

Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati menjelaskan kegiatan ini agar seluruh data WBTB yang dimiliki Kalsel dapat tersusun dengan baik.

“Sampai tahun ini untuk total WBTB yang telah masuk ke dalam data kementerian sebanyak 35 WBTB, salah satunya permainan balogo dan bagasing,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (20/7/2022).

Sedangkan WBTB tahun 2022 sampai saat ini masih dalam rangkaian pencatatan dan pengusulan dengan total kurang lebih 42 WBTB. Dalam pengusulan WBTB ke tingkat nasional ada beberapa prasyarat yang harus di lengkapi.

“Yaitu dokumentasi serta kajian untuk WBTB yang akan diserahkan nantinya,” katanya.

Maka dari itu, di dalam kegiatan ini pihaknya akan melakukan sosialisasi untuk pencatatan WBTB ke seluruh kabupaten/kota.

“Karena dengan catatan tersebut, secara tidak langsung kita ikut berperan dalam melindungi warisan Budaya tak benda yang dimiliki Kalimantan Selatan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai