Porseni XIII Dapat Lahirkan Pemuda Hebat di Bidang Olahraga dan Seni

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor membuka secara resmi Gelaran Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-XIII Politeknik se-Indonesia di Gor Hasanudin Banjarmasin, Kamis (14/7/2022). MC Kalsel/tgh

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor membuka secara resmi Gelaran Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-XIII Politeknik se-Indonesia di Gor Hasanudin Banjarmasin.

Dalam sambutannya Sahbirin mengatakan, olahraga dan seni merupakan cerminan kemajuan sebuah peradaban bangsa. Ia pun berharap, gelaran Porseni XIII ini melahirkan pemuda yang hebat di bidang olahraga dan seni.

“Oleh sebab itu, olahraga dan seni di mahasiswa sudah selayaknya terus kita kembangkan,” ucap Sahbirin, Kamis (14/7/2022).

Hal senada juga disampaikakan, Direktur Poliban Bajarmasin, Joni Riadi berharap mahasiswa Politeknik menjadi agen perubahan serta memiliki karakter unggul, semangat serta berdaya kreatif dan inovatif.

Apalagi pihaknya sebagai tuan rumah telah mempersiapkan 120 perwakilan untuk bertanding di Porseni XIII. 

‚ÄúTarget kita mudah-mudahan bisa masuk 10 besar, untuk cabor unggulan kita yaitu kempo, pencak silat, futsal, basket dan bulu tangkis. Tetapi tentu harapan saya semua cabor dan seni bisa menorehkan medali,” ungkapnya.

Selain itu, Joni mengutarakan bahwa pihak kampus juga telah menyiapkan penghargaan untuk para mahasiswa yang berprestasi di Porseni XIII. 

“Bagi atlet Poliban yang berprestasi di even ini, akan diberikan penghargaan dan uang pembinaan pada saat dies natalis,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Porseni ke XII dari Poliban, Agus Pebrianto mengatakan, gelaran Porseni ke-XIII digelar pada 14 Juli 2022 hingga 20 Juli 2022. 

“Pada Porseni ini mempertandingkan sebanyak 15 cabang olahraga dan 7 cabang seni,” kata Agus.

Cabang olahraga yakni bola voli indoor, futsal, taekwondo, pencak silat, karate, panjat dinding, atletik, bola basket, bridge, bulutangkis, catur, E-sport, kempo, tenis meja dan bola voli pasir.

Kemudian 7 cabang seni, yakni fotografi, kaligrafi, karikatur, monolog, puisi, solo song, dan stand up.

Adapun venue pertandingan pada Porseni ini selain bertempat di kampus poliban, juga di GOR Hasanuddin HM Banjarmasin, di lapangan sepak bola Demang Lehman Martapura, di Lapangan SKB Banjarmasin dan di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Untuk diketahui, kegiatan turut dihadiri Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset dan Teknologi RI, Ketua DPRD Kalsel, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Walikota Banjarmasin. 

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penampilan tarian khas Dayak dan penyalaan obor yang dilakukan langsung oleh Gubernur Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai