Festival Olahraga Tradisional Banjar Pada Peringatan Hari Jadi Kalsel Ke-72

Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermasyah usai rapat awal kesiapan peringatan hari jadi ke-72, di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (23/6/2022). MC Kalsel/tgh

Puncak peringatan hari jadi Provinsi Kalsel ke-72 bakal dimeriahkan festival olahraga tradisional Banjar secara massal.

Festival ini diinginkan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor agar permainan tradisional bisa dicintai dan dimainkan masyarakat Banua.

“Ini adalah keinginan dan intruksi langsung Gubernur agar permainan tradisional bisa kita mainkan lagi dan dicintai masyarakat, ditengah pesatnya kemajuan zaman,” Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermasyah usai rapat awal kesiapan peringatan hari jadi ke-72, di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (23/6/2022).

Sedangkan untuk lokasi permainan dan olahraga tradisional ini, rencananya akan dilaksanakan mulai dari taman siring 0 km hingga sepanjang jalan Lambung Mangkurat.

“Kita juga sudah rapat dengan mengundang pihak terkait, seperti bank, perhotelan dan instansi lainnya, untuk kelancaran acara tersebut nanti, disepanjang lokasi itu, alhamdulilah mereka semua mendukung,” ujarnya.

Untuk sementara ada 17 cabang permainan dan olahraga tradisional yang akan memeriahkan Puncak Hari jadi Provinsi Kalsel ke-72 tanggal 14 Agustus mendatang.

Adapun, permainan dan olahraga tradisional Banjar yang akan dimainkan memperebutkan piala Paman Birin itu, seperti balogo, bagasing, asinan, egrang dan lainnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai