Panti RSPD Netra dan Fisik Fajar Harapan Isi Ramadan dengan Kegiatan Keagamaan

Kepala Panti PRSPD Netra dan Fisik Fajar Harapan, Jumri (dua kanan), Banjar, Selasa (5/4/2022). MC Kalsel/Rns

Memasuki Bulan Ramadan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Netra dan Fisik Fajar Harapan Dinas Sosial melaksananan Takmir Ramadan selama sebulan penuh.

Kepala Panti PRSPD Netra dan Fisik Fajar Harapan, Jumri, mengatakan kegiatan tersebut menjadi bagian dari pembinaan mental spiritual penyandang disabilitas netra.

“Karena pada Bidang Rehabilitas Sosial juga meliputi fisik, mental, dan juga spiritual. Oleh karena itu, dalam kesempatan Ramadan kali ini kita melaksanakan lanjutan kegiatan yang rutin kita laksanakan tiap tahun,” kata Jumri, Banjar, Selasa (5/4/2022).

Jumri menyebutkan, Takmir Ramadan diisi dengan kajian keagamaan akhlak, hadist, serta tarawih dan tadarus Al-Qur’an di malam hari, yang diikuti 56 penyandang disabilitas netra.

“Untuk sementara hanya disabilitas netra. Untuk sasaran layan fisik belum dilaksanakan dikarenakan transisi Pergub Nomor 5 Tahun 2022 tentang penambahan pelayanan panti di Fajar Harapan tidak bisa serta merta dilakukan, karena ada persiapan seperti sarana dan prasarana agar akses penyandang disabilitas fisik terpenuhi,” tambah Jumri.

Jumri pun mengingatkan kepada klien panti agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat Takmir Ramadan. Dia juga berharap, momentum Ramadan ini dapat menambah motivasi dan semangat belajar keagamaan.

“Sehingga bisa memotivasi bagaimana dengan keterbatasan mereka bisa semangat untuk ikut lancar membaca dan belajar membaca Al Qur’an,” kata Jumri. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai