Museum Lambung Mangkurat Lestarikan Permainan Balogo

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan, Hadeli Rosyaidi saat memainkan permainan Balogo, Banjarbaru, Kamis (23/6/2022). MC Kalsel/usu

Dalam rangka melestarikan permainan tradisional yang dimiliki Kalsel, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat melaksanakan lomba Balogo yang diikuti masyarakat umum.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan, Hadeli Rosyaidi mengatakan Balogo merupakan salah satu permainan tradisional Kalsel yang diakui nasional dan masuk ke dalam Warisan Budaya TakBenda (WBTB).

“Permainan ini perlu diperkenalkan dan diwariskan kepada generasi muda akan nilai-nilai positif yang terkandung seperti kerja sama, kebersamaan dan sportivitas,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (23/6/2022).

Sementara itu, Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat Suprihanto menambahkan perlombaan ini diikuti oleh 30 tim yang terdiri dari tiga orang pada setiap tim.

Ia berharap agar lomba ini tidak menjadi acara seremoni saja, namun dapat dijadikan sebagai acara yang berkelanjutan, untuk memperkenalkan permainan tradisional khas Kalsel.

“Akan kami usahakan ditahun-tahun mendatang akan digelar perlombaan permainan-permainan tradisional,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai