Jaga Keselamatan, Dishub Kalsel Pasang Rambu Jalan dan PJU

Dinas Perhubungan Kalsel berfoto didepan lampu jalan yang sudah selesai dipasang. Dishub Kalsel/dok

Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga Mei 2022 telah menyelesaikan pemasangan 341 Rambu Jalan dan 94 Penerangan Jalan Umum (PJU) berbasis smart system di beberapa titik kabupaten/kota.

Kepala Seksi Keselamatan Sarana Prasarana Lalu Lintas Jalan Dishub Kalsel, Ihda Wardati mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pemasangan rambu di Kota Banjarbaru sebanyak 85 titik, Kota Banjarmasin 30 titik, Kabupaten Balangan 65 titik serta 34 titik di Jalan PM Noor Banjarbaru.

“Pemasangan rambu jalan dan PJU ini sebagai upaya menjaga keselamatan berkendara, kita juga pasang rambu di daerah wisata, seperti di Bukit Batu Balangan 54 titik dan di Mandiangin 69 titik,” kata Ihda, Banjarmasin, Jum’at (17/6/2022).

Menunjang rambu untuk angkutan umum, Dishub Kalsel juga telah memasang rambu bus stop BTS dan BRT Banjarbakula di daerah Gambut Kabupaten Banjar sebanyak empat titik, rambu Zona Aman Sekolah tiga titik di Tanah Bumbu dan satu titik di Jalan Sei Ulin Banjarbaru.

Ihda menjelaskan, selain pemasangan rambu yang telah selesai untuk pemasangan PJU juga telah rampung dikerjakan sampai Mei lalu.

“Ada 94 PJU yang telah terpasang, 25 unit di Jalan Trikora, 15 unit di Kecamatan Margasari Tapin, 20 unit di Tabalong serta 34 unit di Mantewe Tanah Bumbu,” jelas Ihda.

Selain melakukan pemasangan PJU dan rambu jalan Dishub Kalsel juga melakukan pemeliharaan, berupa penggantian baterai.

“Rambu dan PJU yg rusak sudah kita perbaiki sebanyak 10 unit PJU yang dipasang di Kabupaten Banjar, empat unit warning light di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar masing-masing dua unit, dan 97 titik rambu di banua enam,” kata Ihda. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai