BBTPH Bangun Screen House Untuk Hasilkan Bibit Memenuhi 7 T

Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Produki dan Distribusi Benih Hortikultura, Unit Pelaksana Teknis Balai Benih Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Wiwin Nur’ainiĀ  (Kanan) saat melakukan monitoring ke salah satu screen house bibit jeruk di area kantor BBTPH, Banjarbaru, Senin (13/6/2022).

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBTPH) Provinsi Kalimantan Selatan kembali membangun screen house untuk menghasilkan bibit berkualitas kepada masyarakat.

Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Produki dan Distribusi Benih Hortikultura, Wiwin Nur’aini mengatakan pembangunan ini untuk menghasilkan bibit yang memenuhi 7 T yaitu Tepat jenis, Tepat varietas, Tepat waktu, Tepat jumlah, Tepat mutu, Tepat lokasi dan Tepat harga.

“Dimana membantu menjaga bibit agar terhindar dari gangguan cuaca dan hama penyakit (OPT) serta membantu proses perkembangan bibit,” ucapnya, Banjarbaru, Senin (13/6/2022).

Lanjut ia menjelaskan, bangunan ini mulai dikerjakan sejak awal Juni 2022 dan diperkirakan akan selesai pada pertengahan Juli 2022 dan untuk pengerjaan screen house sampai saat ini telah berjalan kurang lebih 15 persen.

“Rencananya untuk screen house ini akan diisi dengan bibit jeruk khas Kalsel yaitu Jeruk Madang atau Siam Banjar,” tuturnya.

Sementara itu, UPT BBTPH saat ini telah memiliki 3 buah screen house untuk mengembangkan bibit jeruk Siam Banjar.

“Selain untuk bibit jeruk, di area Balai Benih juga mempunyai screen house untuk bibit tanaman hias anggrek dan bibit pisang,” terangnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai