Dinaskop dan UKM Kalsel Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Koperasi Lapangan

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai (tengah) memberikan sambutan sekaligus membuka Bimtek dibsalah satu hotel di Banjarmasin, Senin (13/6/2022). MC Kalsel/Fuz/ARH

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan meningkatkan Kapasitas Bagi Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) se-Kalimantan Selatan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) selama dua hari di salah satu hotel di Banjarmasin.

“Kegiatan bimtek ini diikuti petugas penyuluh koperasi lapangan yang ada di 13 kabupaten/kota untuk pembenahan terhadap koperasi yang ada di Kalimantan Selatan,” sebut Gusti Yanuar Noor Rifai, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Senin (13/6/2022).

Pelaksanaan Bimtek ini diharapkan menjadi langkah Pemerintah Daerah untuk memberikan wawasan dan pembinaan kepada koperasi melalui penyuluh, tentunya agar dapat lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman.

Pembinaan kepada 42 peserta Bimtek ini memiliki tugas penting untuk membimbing koperasi yang tergolong mandek dan mendampingi yang masih aktif.

“Ada sekitar 900 koperasi yang masih mandek, kemudian 1.600 yang bagus, sehingga kita mencari role model atau teladan sebagai penyuluh yang bisa menjadi acuan,” lanjut Yanuar.

Kepada petugas penyuluh inilah, mereka diharapkan dapat bertugas memberikan masukan terhadap koperasi yang ada di Kalimantan Selatan.

Sebagai tujuan utama koperasi adalah untuk mensejahterakan anggota, sehingga penyuluh di lapangan dapat mendampingi koperasi agar tetap maju dan anggotanya dapat sejahtera. 

“Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa memajukan Kalimantan Selatan dalam perkoperasian dan memajukan ekonomi yang tumbuh dari sisi UMKM dan koperasi,” tambah Yanuar. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai