Lima Pemuda Kalsel Terpilih Ikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Lima pemuda pelopor Kalimantan Selatan berfoto bersama dengan panitia acara Seleksi Calon Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Banjarmasin, Rabu (8/6/2022). MC Kalsel/tgh

Sebanyak lima pemuda Kalimantan Selatan (Kalsel) dari sejumlah Kabupaten/Kota terpilih mengikuti pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Nasional 2022 melalui rangkaian kegiatan seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Kalsel 2022.

Adapun pemenang setiap bidang pada seleksi pemilihan pemuda pelopor mewakili ke tingkat Nasional yaitu pertama bidang pendidikan Risalatun Nahdia Tamrin dari Kabupaten Balangan, budang pangan Agus Ridho Hidayat Kota Banjarmasin.

Kemudian bidang agama sosial dan budaya Anggi Pradana Irfansyah Kabupaten Kotabaru. Bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata Gina Amalia Husna dari Kota Banjarbaru dan bidang inovasi dan teknologi Muhammad Fitriadi dari Kota Banjarmasin.

Mewakili Kadispora Kalsel, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel Heru Susmianto mengatakan, pihaknya optimis mampu mengulang prestasi tahun lalu, di mana perwakilan Kalsel menempati peringkat satu dan dua.

“Lima bidang yang telah terpilih kita siapkan dan kerja sama dengan bidang OKP pemuda pelopor untuk menyiapkan atau memaparkan di tingkat pusat,” kata Heru di Banjarmasin, Rabu (8/6/2022).

Untuk tahun lalu ada 2 pelopor nasional juara satu dan dua targetnya potensi pemuda di daerah berkembang makanya kita target dapat hasil yang memuaskan.

Sementara itu l, Agus Ridho Hidayat sebagai Juara satu Bidang Pangan mengatakan inovasi yang akan di bawa ke tingkat Nasional yaitu mengangkat kuliner lokal yakni mie goreng pedas banjar rabuk haruan dan saluang. 

“Mie goreng pedas banjar dicampur dengan kuliner khas lokal ikan haruan yang dilestarikan, kita juga ada yang basah dan frozen food, ke depannya kita akan buat lagi mie sehat,” kata Agus.

Hal senada juga disampaikan Muhammad Fitriadi, Juara satu Bidang Inovasi dan Tekhnologi, inovasinya nanti tentang sistem tanaman hidroponik yang bisa dikontrol melalui ponsel.

“Nanti kami membawa inovasi hidroponik teknologi yang saya kembangkan sedemikian rupa hingga bisa diatur lewat ponsel,” kata Fitriadi.

Untuk diketahui, kegiatan seleksi pemuda pelopor tingkat Provinsi dilaksanakan selama dua hari dan pada penutupan juga diumumkan peserta terbaik yang menduduki peringat dua dan tiga dari lima bidang. Mereka, dinilai dari aspek kepribadian, kepemimpinan, kreativitas, keuletan hingga aspek dampak positif di lingkungan masyarakat. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai