38 Finalis Putra Putri Pariwisata Kalsel Harus Miliki Wawasan Kepariwisataan Luas Terkait Geopark Meratus

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin, pada kegiatan Karantina Tertutup Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel, di Banjarmasin, Kamis (26/5/2022). MC Kalsel/Jml

Tidak hanya bakat dan penampilan, 38 finalis Putra Putri Pariwisata Kalimantan Selatan tahun 2022 juga dituntut harus memiliki wawasan kepariwisataan yang luas, khususnya terkait dengan Geopark Meratus.

Untuk itu, pihak Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatangkan langsung Ketua Badan Pengembangan Geopark Meratus Kalsel, Fajar Desira, pada hari pertama pelaksanaan karantina tertutup Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel.

Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, melalui kesempatan ini pihaknya ingin finalis Putra Putri Pariwisata Kalsel lebih mengenal dan memahami tentang Geopark Meratus.

“Sebagai duta wisata Kalimantan Selatan mereka juga harus bisa menyampaikan potensi dari Geopark Meratus kepada masyarakat. Ini akan sangat membantu sekali dalam pengusulan Geopark Meratus menjadi Geopark tingkat internasional yang diakui oleh UNESCO,” kata, Syarifuddin, saat memberikan pembekalan pada karantina tertutup Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kalsel, disalah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Kamis (26/5/2022).

Sementara itu, Fajar mengatakan, Geopark Meratus merupakan salah satu destinasi wisata yang berbasis masyarakat, untuk itulah Putra Putri Pariwisata Kalsel memiliki peran yang sangat penting sebagai pendamping masyarakat dalam memahami Geopark Meratus dan menggali potensi yang ada pada geositenya.

Semua pengetahuan tersebut, lanjut Fajar, harus mereka transfer kepada masyarakat dan membantu mereka dalam mengembangkan potensi yang ada disetiap geosite.

“Setelah memahami tentang Geopark Meratus, para Putra Putri Pariwisata ini bisa masuk sebagai pendamping masyarakat untuk memberikan pengetahuan tentang Geopark dan pentingnya menjaga geosite. Mereka juga bisa memberikan usulan kepada masyarakat terkait potensi unggulan yang menarik dan bisa dikembangkan,” kata Fajar. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih