Bawa Pusling, Dispersip Kalsel Tingkatkan Minat Baca Siswa SDN Aranio

Dispersip Kalsel/dok

Mendapat predikat sebagai provinsi dengan Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia untuk ke dua kalinya tidak membuat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) berpuas diri.

Jajaran Dispersip Kalsel terus berupaya untuk meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat khususnya yang berada di daerah pelosok, salah satunya dengan menyambangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Aranio, Kabupaten Banjar dengan membawa Perpustakaan Keliling (Pusling) belum lama ini.

Selain membawa koleksi buku bacaan, Dispersip Kalsel juga mengajak anak-anak setempat senam jari sambil bernyanyi, hingga senam otak dan berdongeng, yang dimeriahkan badut karakter.

“Hal itu sebagai komitmen kami untuk meningkatakan indeks kegemaran membaca, terlebih melalui generasi penerus, yang memang perlu waktu untuk hal itu dan kerja sama semua pihak,” kata staf pelayanan armada Pusling Dispersip Kalsel, Husnul Khotimah, Banjarmasin, Selasa (5/4/2022).

Sementara itu, Kepala SDN Aranio 2, Rajidin, bersyukur mendapat kunjungan armada Pusling Dispersip Kalsel karena dapat menambah wawasan peserta didik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan. Anak-anak kami bisa mendapatkan banyak pengetahuan lagi dari Pusling ini,” harap Rajidin.

Rajidin mengatakan kehadiran Pusling memberikan dampak positif terhadap anak-anak, sehingga makin semangat dan senang membaca.

“Mereka sangat senang melihat dan membaca buku-buku yang dibawa, sangat lengkap,” kata Rajidin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai