Dinas PMPTSP Kalsel Lakukan Rapat Koordinasi Perencanaan Strategis 2023

Rakor investasi dan PTSP diikuti oleh seluruh perwakilan Dinas PMPTSP kabupaten kota di Kalimantan Selatan di aula kantor Dinas PMPTSP Kalsel, Kamis (31/3/2022). MC Kalsel/Fuz

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Kalimantan Selatan gelar Rapat Koordinasi Investasi dan PTSP dalam rangka penyusunan perencanaan strategis dan rencana kerja Tahun 2023 di aula dinas, di Kawasan Perkantoran Setdaprov Kalsel di Banjarbaru.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov Kalsel, Syaiful Azhari memberikan sambutan sekaligus membuka rakor tersebut yang dihadiri oleh seluruh PTSP kabupaten/kota serta SKPD provinsi yang terkait.

“Kehadiran kita di forum ini, sebagai bentuk komitmen, perhatian dan kesungguhan kita dalam melakukan penajaman, penyelarasan dan kolaborasi dalam penyusunan perencanaan strategis dan rencana kerja investasi dan PTSP di Tahun 2023,” ujar Syaiful, Kamis (31/3/2022).

Ia menambahkan melalui rapat koordinasi ini diharapkan dapat menata lebih baik lagi, potensi dan peluang-peluang investasi, guna menarik lebih banyak investor ke Kalimantan Selatan

Dalam realisasi investasi Tahun 2021 silam menunjukkan kebangkitan yang sangat menjanjikan, sebab di masa pandemi, realisasi investasi di Kalsel mampu melampaui target.

“Tahun 2021 kemarin realisasi investasi kita menembus angka Rp12,7 triliun, yang terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp11 triliun dan penanaman modal asing sebesar Rp1,7 triliun,” lanjutnya.

Jika disandingkan dengan target nasional sebesar Rp10,83 triliun, maka capaian realisasi investasi di Kalsel telah terlampaui, kemudian untuk target RPJMD sebesar Rp10,20 triliun, sehingga target ini juga sudah tercapai dan bahkan berhasil melampaui target yang ditetapkan.

Keberhasilan itu tentu menjadi prestasi yang membanggakan untuk Kalsel, khususnya bagi pemangku kepentingan di bidang investasi.

Untuk diketahui, empat narasumber memberikan pembekalan kepada peserta rakor, pertama Ketua Komisi II DPRD Prov. Kalsel Imam Suprastowo, Kepala Dinas PMPTSP Prov Kalsel Nafarin, Bappeda Kalsel, Direktur Wilayah II Kementerian Investasi/BKPM, dan dari PT Sucofindo. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai