Hadirkan Penulis Ternama, Dispersip Kalsel Sasar Generasi Muda Tingkatkan Minat Baca

Sekretaris Dispersip Kalsel, M Ramadhan, memberikan sambutan pada talkshow bertajuk “Yuk membaca, Yuk Merubah Dunia” di Banjarmasin, Senin (28/3/2022). MC Kalsel/Jml

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatangkan penulis ternama sekaligus motivator dan pebisnis, Agustinus Sani Nugroho, pada talkshow peningkatan minat baca dan literasi bertajuk “Yuk membaca, Yuk Merubah Dunia” yang menyasar generasi muda.

“Saat ini tidak sedikit kaum-kaum milenial yang telah berubah mindsetnya, untuk itu melalui kegiatan ini kami ingin mereka tetap membaca sesuai dengan ayat suci Alquran yakni Al-Iqra,” kata Sekretaris Dispersip Kalsel, M Ramadhan, mewakili Kepala Dispersip Kalsel, di Banjarmasin, Senin (28/3/2022).

Melalui kegiatan ini juga, Ramadhan berharap perpustakaan bisa menjadi tren model yang dicintai dan disukai oleh kalangan generasi muda.

“Alhamdulillah perpustakaan kita banyak dikunjungi oleh anak-anak muda, ini mencerminkan perpustakaan sudah membumi kepada mereka diusianya yang produktif. Ini kita harapkan bisa jadi tren model, agar mereka lebih mencintai perpustakaan bukan hanya sebagai tempat untuk membaca, tapi juga berdiskusi dan berkegiatan,” tutur Ramadhan.

Sementara itu, Agustus Sani Nugroho, mengatakan membaca merupakan pembeda antara manusia dan makhluk lainnya.

“Dengan membaca kita akan mengetahui ilmu baru, dengan ilmu tersebut kita bisa berbuat sesuatu, dengan berbuat sesuatu kita akan merubah diri kita dan mempengaruhi lingkungan sekitar seperti keluarga, tetangga, bangsa, bahkan dunia. Kita tidak bisa merubah dunia jika sendirian, ini adalah gerakan yang harus kita dorong sebagai gerakan bersama,” ujar Agus.

Agus pun mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Dispersip Kalsel ini dan berharap Dispersip Kalsel terus berinovasi dan tidak lengah untuk meningkatkan literasi, meskipun Kalsel menyandang predikat Indeks Pembangunan Literasi tertinggi di Indonesia.

“Upaya Dispersip Kalsel dalam meningkatkan minat baca ini sangat luar biasa. Saya melihat cara mereka berpikir dan melihat bahwa perpustakaan harus dijadikan jembatan agar orang-orang di wilayah ini menjadi cerdas dan membuat proses belajar itu nyaman dan mudah, sehingga tanpa sadar masyarakat jadi tertarik dan suka. Saya berharap Dispersip Kalsel terus berinovasi dan jangan lengah, tetap perbaiki dan berinovasi untuk terus menjadi leader untuk mendorong peningkatan literasi di negara ini,” tukas Agus. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai