Diskop dan UKM Kalsel Apresiasi RAT Kopontren Nurul Hijrah 2022

Diskop UKM dan Kalsel/ist

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai menghadiri pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) oleh Koperasi Pesantren Nurul Hijrah di aula Pondok, Kabupaten Tanah Laut.  

RAT merupakan kewajiban setiap koperasi, karena merupakan wujud dari pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya.

“Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kopontren Nurul Hijrah yang sudah melaksanakan RAT tepat waktu, dan memberikan hasil yang baik kepada anggota,” ujar Yanuar, Minggu (27/3/2022).

Ia juga menyebutkan jika RAT sebagai bentuk kepatuhan dan tanggung jawab sebagai komponen organisasi. Tentunya dalam melaksanakan kewajiban dan hak-hak sebagai pengurus maupun anggota.

“RAT ini merupakan momen yang sangat penting sebagai forum untuk mengevaluasi program di tahun lalu dan melihat kedepan untuk menyusun program kerja baru dalam melaksanakan tujuan koperasi,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Talhah Badrus yang mewakili Menteri Koperasi merasa bangga ada Koperasi Pondok Pesantren di daerah, yang berprestasi dan memberikan manfaat bagi warga masyarakat, anggota koperasi dan Pondok Pesantren.

“Kementerian Koperasi menyiapkan beberapa program untuk kemandirian ekonomi pondok pesantren dan juga UKM, silahkan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi Kabupaten/Kota maupun Provinsi untuk mensinergikan kegiatan,” tuturnya.  

Koperasi Pondok Pesantren Nurul Hijrah tahun buku 2021 membukukan pendapatan sebesar Rp17.377.532,583 mengalami kenaikan sebanyak 28,96 persen dari tahun lalu. Kenaikan terbanyak didapat dari unit usaha plasma kelapa sawit.

Sementara Ketua Koperasi Pondok Pesantren Nurul Hijrah Edy Setyo Utomo dalam laporannya menerangkan keberhasilan pencapaian kinerja yang baik atas kerjasama semua pihak. Pengurus, pengawas, pihak perusahaan PT CPKA dan juga anggota Kopontren.

“Alhamdulillah tahun 2022 Kopontren Nurul Hijrah mendapat dua penghargaan, yaitu dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Kabupaten Tanah Laut dan Dinas Perkebunan sebagai Koperasi pengelola plasma terbaik,” ujar Edy. MC Kalsel/Fuz/ARH

Mungkin Anda Menyukai