Dispora Kalsel Sinergikan Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan Dengan Dispora Kab/Kota dan Mitra

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Forum SKPD antara Dispora Kabupaten/Kota dan mitra kerja Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan se Kalsel tahun 2022 dengan tema “Bersinergi, Berkolaborasi Meraih Prestasi Untuk Banua Maju” di Hotel Berbintang Banjarmasin, Selasa (14/3/2022). MC Kalsel/tgh/ARH

Guna mensinergikan kegiatan kepemudaan dan keolahragaan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Forum SKPD antara Dispora Kabupaten/Kota dan mitra kerja Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan se-Kalsel tahun 2022 dengan tema “Bersinergi, Berkolaborasi Meraih Prestasi Untuk Banua Maju” di Hotel Berbintang Banjarmasin.

Mewakili Gubernur Kalsel, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalsel, Syaiful Azhari mengatakan Rakernis ini dalam rangka mensinergikan program kegiatan bidang kepemudaan dan keolahragaan untuk tahun 2023 dengan Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Rakernis ini diharapkan dapat mensinergikan program dan kegiatan tahun 2022 yang sudah berjalan dan menyelesaikan berbagai isu strategis yang tentunya menjadi acuan di daerah dalam menyusun program kegiatan tahun anggaran 2023,” kata Syaiful, Selasa (14/3/2022).

Oleh karena itu, ada tiga isu strategis daerah di bidang pemuda dan olahraga yaitu pertama bagaimana meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga serta meningkatkan prestasi olahraga di Kalsel.

“Jadi ada tiga isu strategis daerah yang perlu kita sinergikan guna meningkatkan kemajuan kepemudaan dan keolahragaan di Banua,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah menambahkan tujuan rapat kerja teknis ini untuk mensinkronisasi program ditahun 2023.

Hermansyah mengatakan dalam rakernis ini akan membahas tiga isu strategis daerah pertama bagaimana meningkatkan IPP, kedua bagaimana memasyarakatkan olahraga dan meolahragakan masyarakat dan ketiga bagaimana kita berprestasi dalam olahraga.

“Jadi tiga isu strategis ini yang perlu disinergikan agar kegiatan kita bisa menunjang visi dan misi Pemerintah Kalsel,” ujar Hermansyah.

Oleh sebab itu, untuk mencapai semua itu ada beberapa strategi yang akan dirumuskan pada Rakernis. Tidak hanya peran pemerintah Provinsi, namun Kabupaten/Kota ikut terlibat dalam pembangunan pemuda dan olahraga agar bisa meningkat.

“Jadi hari ini kita kumpulkan mereka sehingga kita bisa bergerak, bersinergi dan kolaborasi untuk memajukan pemuda dan olahraga di Kalsel,” ungkapnya.

Lanjut, Hermansyah mengungkapkan untuk target peningkatan IPP Kalsel tahun ini mudah-mudahan masuk 15 besar se-Indonesia. Bahkan capaian sekarang luar biasa, kemaren sempat diurutan paling bawah, sekarang masuk urutan ke 21 IPP Kalsel.

Sedangkan di bidang prestasi olahraga, target tercapai dari sisi perolehan medali pada PON ke-XX dan Peparnas di Papua.

“Mudah-mudahan prestasi tersebut terus meningkat dan olahraga di Kalsel terus berkembang,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai